KONSEP KECANTIKAN DALAM AL-QUR’AN (Tafsir Tematik Analisa Operasi Plastik)

Wulandari, Fariskha (2022) KONSEP KECANTIKAN DALAM AL-QUR’AN (Tafsir Tematik Analisa Operasi Plastik). Undergraduate (S1) thesis, Iain Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fariskha (210417007)perpustakaan.pdf

Download (887kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wulandari, Fariskha. Konsep Kecantikan Dalam Al-Qur’an (Tafsir Tematik Analisa Operasi Plastik). Skripsi, 2022. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Umi Kalsum, S.H. M.S.I.

Kata kunci: Konsep, Kecantikan, Operasi plastik.

Karya ini dilatar belakangi dengan adanya kecantikan yang sudah ada sejak zaman dahulu. Al- Qur’an merupakan kitab suci yang dijadikan pedoman umat Islam dalam melaksanakan ajaran umat Islam. Di dalam al-Qur’an terdapat isi ajaran yang menyeru pada tauhid atau keimanan sejak diutusnya Nabi Adam as sampai Nabi Muhammad Saw. adalah agama yang mendapat ridha Allah SWT. Orang yang benar-benar menganut agama Allah SWT adalah manusia yang mengerahkan segala sikap dan perilakunya hanya kepada Allah SWT. Menjaga kecantikan dan keindahan termasuk ibadah, karena pada hakikatnya Allah SWT mencintai keindahan. Kecantikan tidak bisa diukur dengan nilai. Kecantikan mempunyai makna yang luas. Dari latar belakang masalah di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana konsep kecantikan dalam Al-Qur’an? 2) Bagaimana pesan moral yang bisa diambil dari konsep kecantikan analisa operasi plastik?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Sehingga sumber data yang peneliti gunakan terbagi menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yang digunakan, yaitu al-Qur’an dan kitab-kitab tafsir,buku dari Quraish Shihab sendiri dengan judul Perempuan, buku buku Cantik Luar Dalam oleh Ibn Taymiyyah al-Harrani dan Ibn al-Qayyim al Jawziyyah dan sumber data sekunder yang peneliti gunakan berupa sumber-sumber tertulis lainnya yang berkaitan tentang konsep kecantikan, jurnal, buku-buku tafsir terjemahan. Cara pengumpulan data berpacu pada pendekatan tafsir tematik karena penelitian ini khusus membahas ayat-ayat kecantikan. Teknik analisis yang peneliti guanakan analisis isi dan analisis deskriptif.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Konsep Kecantikan (Analasia Operasi Plastik) dalam Al-Qur’an yaitu : a. Penampilan fisik yang bisa menipu (Q. S. al- Munafiqun [63] : 4), b. Kecantikan yang bisa menarik hati (Q. S. al- ahzab [33]: 52), c. Kecantikan bidadari surga (Q. S. ar- Rahman [55]: 70), c. Keindahan yang menakjubkan (Q. S. an-Nahl [16]: 6), d. Bersabar (Q. S. al-Muzammil [73]: 10), (Q.S. al Ma’arij [70]: 5 ), e. Dilarang merubah ciptaan Allah (Q. S. An-Nisa’[4]: 119 ). 2) Pesan moral yang dapat diambil dari konsep kecantikan dalam al-Qur’an, yaitu: Islam mebolehkan wanita untuk mempercantik diri dengan catatan tidak boleh berlebihan. Sebagai pengingat untuk lebih berhati-hati dalam menjaga ciptaan Allah seperti dalam (Q. S. An-Nisa’[4]: 119) bahwasannya seseorang boleh mengubah ciptaan Allah dengan melakukan operasi plastik dikarenakan suatu kecelakan, dan cacat dari lahir, bukan karena ingin tampil cantik semata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Kalsum
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 08:36
Last Modified: 08 Jun 2022 08:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18585

Actions (login required)

View Item View Item