ANALISIS FENOMENOLOGI TRADISI MBUBAK DALAM MENINGKATKAN KEHARMONISAN KELUARGA DI DESA NGLAYANG JENANGAN PONOROGO

Herianto, Rudi (2022) ANALISIS FENOMENOLOGI TRADISI MBUBAK DALAM MENINGKATKAN KEHARMONISAN KELUARGA DI DESA NGLAYANG JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI RUDI H HARD FAIL CETAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Herianto, Rudi (2022), Analisis Fenomenologi Tradisi Mbubak Dalam Meningkatkan Keharmonisan Keluarga Di Desa Nglayang Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluaga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ima Frafika Sari M.Pd.
Kata Kunci/keywords : Analisis Fenomenologi Tradisi Mbubak, Fenomenologi
Pernikahan merupakan sunnatullah yang umum dan berlaku pada semua makhluk-Nya. Dalam upacara pernikahan yang dilakukan masyarakat, terdapat tradisi-tradisi yang menyertainya. Salah satu contohnya yaitu tradisi mbubak manten. Tradisi mbubak manten adalah upacara tradisi yang dilakukan ketika orang tua menikahkan anak pertama. Di dalam praktiknya, pelaksanaan tradisi mbubak manten ini dilengkapi dengan penggunaan peralatan (uborampe) yang memiliki makna-makna tersendiri dan dipercaya masyarakat dapat meningkatkan keharmonisan calon pengantin
Dalam pelaksanaan tradisi mbubak dimasyarakat, terdapat dinamika-dinamika yang semakin memperkaya tradisi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana praktek tradisi mbubak dalam perspektif fenomenologi dan bagaimana manfaat tradisi mbubak bagi keharmonisan pasangan calon suami istri Di Desa Nglayang, Jenangan Kab. Ponorogo. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serangkaian pelaksanaan tradisi mbubak manten dan bagaimana manfaat tradisi mbubak bagi keharmonisan pasangan calon suami istri sehingga tradisi ini bisa lestari di tengah modernisasi.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan beberapa teknik penelitian, yakni teknik dokumentasi dan wawancara. Analisis ini dipertajam dengan teori fenomenologi bahwa sebuah tradisi akan tetap lestari apabila tradisi tersebut masih memiliki fungsi bagi masyarakat.. Yang nantinya data tersebut ananalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini, peneliti melakkan wawancara kepada berbagai pelaku masyarakat desa nglayang. Dan dapat disimpulkan bahwa tradisi mbubak sangat bermanfaat bagi mayarakat desa nglayang. Salah satunya yaitu untuk memenuhi kebutuan rohani dengan cara permohonan do’a kepada sang pecipta. Karena akan melangsungkan acar pernikahan untuk pertama kalinya. Kedua melepaskan tanggungan atau tanggung jawab sebagai orang tua dan merelakan anaknya menempuh hidup baru dengan pasanganya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ima Frafika Sari
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 08:37
Last Modified: 08 Jun 2022 08:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18584

Actions (login required)

View Item View Item