Peran Orang Tua Terhadap Anak Yang Hamil Di Luar Nikah Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Desa Galak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo)

Afifah, Alfiana Rahma (2022) Peran Orang Tua Terhadap Anak Yang Hamil Di Luar Nikah Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Desa Galak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
e-theeses ALFIANA RAHMA AFIFAH.pdf

Download (918kB)

Abstract

ABSTRAK

Afifah, Alfiana Rahma , 2022. Peran Orang Tua Terhadap Anak Yang Hamil di Luar Nikah Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Desa Galak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo). Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Imroatul Munfaridah, M.S.I
Kata Kunci/Key word: Peran Orang Tua, Hamil di Luar Nikah, Hukum Islam.
Pada observasi awal penulis dalam meneliti ini tepatnya di Desa Galak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo ditemui kasus pernikahan akibat hamil diluar nikah, Namun problem yang terjadi di Desa Galak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo adalah ketika ayah memenuhi kewajibanya dalam mencari nafkah, anak tidak mampu mengontrol diri dalam memilih pergaulan sehingga berada dalam lingkungan yang negatif sehingga orang tua cenderung meluapkan rasa marah dan kecewa kepada anak sehingga orang tua menganggap anak tidak dapat menjaga diri. Kemudian orang tua memilih segera menikahkan anaknya dengan laki-laki yang menghamilinya agar tidak berlarut-larut dalam dosa. Adanya ketidak pahaman atau perbedaan pengasuhan antara orang tua terhadap pengasuhan anak yang hamil diluar nikah, sering kali orang tua lalai hak dan kewajiban orang tua pada anak.
Rumusan Masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perspektif hukum Islam terhadap peran orang tua terhadap anaknya yang hamil diluar nikah di Desa Galak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo?. 2) Bagaimana hubungan pola asuh orang tua dengan anaknya yang hamil diluar nikah di Desa Galak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo?
Adapun hasil penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif analitatif, yaitu suatu metode yang dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang keadaan nyata sekarang.
Hasil dari penelitian ini adalah 1. Perspektif hukum terhadap anak yang hamil di luar nikah bahwa pemeliharaan atau hak walayah anak yaitu sampai pernikahan berlangsung. Berbeda dengan di desa galak pernikahan yang terjadi adalah pernikahan yang terpaksa, dan anak tidak siap untuk menikah. Dalam problem hamil di luar nikah ini tidak bisa anak tersebut dikatakan bisa dilepaskan pemeliharanya oleh orang tuanya, untuk melangsungkan pernikahannya agar menjadi pernikahan yang sakinnah. Kemudian suami yang dinikahkan dengan anaknya berkewajiban mencarikan nafkah untuk istrinya. 2. Hubungan pola asuh orang tua terhadap anak yang hamil di luar nikah yang terjadi di desa galak bahwasanya orang tua lebih fokus kepada moral anak dan kurang memperhatikan keimanan anak, mengabaikan penerapan pola asuh secara Islami pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Imroatul Munfaridah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 08:38
Last Modified: 08 Jun 2022 08:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18583

Actions (login required)

View Item View Item