PESAN DAKWAH DALAM KAJIAN AL-HIKAM GUS IZZA SADEWA DALAM CHANNEL YOUTUBE KAFABIHI CHANNEL BERJUDUL IKHTIAR KOYO OPO WAE ORA BAKAL ISO NGERUBAH TAKDIR (Analisis Wacana Teun A. Van Dijk)

Muhammad, khothibul Umam (2022) PESAN DAKWAH DALAM KAJIAN AL-HIKAM GUS IZZA SADEWA DALAM CHANNEL YOUTUBE KAFABIHI CHANNEL BERJUDUL IKHTIAR KOYO OPO WAE ORA BAKAL ISO NGERUBAH TAKDIR (Analisis Wacana Teun A. Van Dijk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_umamUpload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Umam, Muhammad Khothibul. 2022. Pesan Dakwah dalam Kajian Al-Hikam Gus Izza Sadewa dalam Channel YouTube Kafabihi Channel Berjudul “Ikhtiar Koyo Opo Wae Ora Bakal Iso Ngerubah Takdir” (Analisis wacana Teun A. Van Dijk). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.
Kata kunci:Pesan dakwah, Channel YouTube,Ikhtiar Koyo Opo Wae Ora Bakal Iso Ngerubah Takdir, Analiasis wacana Teun A. Van Dijk.

Media sosial saat ini menjadi sangat berarti dan sangat fenomenal untuk dijadikan sebagai sarana untuk mengakses informasi, bisnis, dan menyampaikan sebuah pesan. Salah satu media yang digunakan masyarakat saat ini adalah YouTube. pada saat ini YouTube dapat digunakan sebagai media sekaligus menjadi penunjang kegiatan dakwah. Salah satu dari pengguna yang memanfaatkan YouTube sebagai media untuk berbagi secara positif. Penulis mengambil konten Kajian Al-Hikam Gus Izza Sadewa dalam Channel YouTube Kafabihi Channel Berjudul “Ikhtiar Koyo Opo Wae Ora Bakal Iso Ngerubah Takdir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah dalam channel YouTube Kafabihi Channel berjudul “Ikhtiar Koyo Opo Wae Ora Bakal Iso Ngerubah Takdir”. Untuk mengetahui pesan dakwah tersebut penulis merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Struktur Makro dalam Kajian Al-Hikam Gus Sadewa dalam Channel YouTube Kafabihi Channel Berjudul “Iktiar Koyo Opo Wae Ora Bakal Iso Ngerubah Takdir?, (2) Bagaimana Superstruktur dalam Kajian Al-Hikam Gus Sadewa dalam Channel YouTube Kafabihi Channel Berjudul “Iktiar Koyo Opo Wae Ora Bakal Iso Ngerubah Takdir?, (3) Bagaimana Struktur Mikro dalam Kajian Al-Hikam Gus Sadewa dalam Channel YouTube Kafabihi Channel Berjudul “Iktiar Koyo Opo Wae Ora Bakal Iso Ngerubah Takdir?, (4) Bagaimana pesan dakwah dalam Kajian Al-Hikam Gus Sadewa dalam Channel YouTube Kafabihi Channel Berjudul “Iktiar Koyo Opo Wae Ora Bakal Iso Ngerubah Takdir?. Untuk identifikasi masalah, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis wacana oleh Teun A. Van Dijk.
Penelitian ini menghasilkan beberapa kandungan pesan dakwah channel YouTube Kafabihi Channel berjudul Ikhtiar Koyo Opo Wae Ora Bakal Iso Ngerubah Takdir. Pertama, pesan dakwah yang sesuai dalam struktur makro yakni terlihat di dalam konten tersebut memuat dalam menyikapi sebuah masalah, orang tidak lulus ujian bukan karena soal, orang tidak lulus ujian karena salah jawabannya. Kedua, pesan dakwah dalam superstruktur yakni Sejatinya manusia mampu membuaat rencana yang hebat. Mampu merencanakan untuk mencapai kepentingan dan tujuannya dengan detail dan rinci. Akan tetapi, sebagus-bagusnya rencana manusia ketika Allah tidak meridhoi rencana itu terjadi, kita mampu berbuat apa. Ketiga, pesan dakwah dalam struktur mikro perubahan untuk menjadi manusia yang produktif, memelukan niat dan kemauan yang kuat serta sikap yang konsisten agar dapat berhasil secara optimal menjadi yang lebih baik. Keempat, pesan dakwah dalam Kajian Al-Hikam Gus Izza Sadewa hanya menjadikan Allah sebagai penolong dalam hidup kita.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 08:41
Last Modified: 08 Jun 2022 08:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18579

Actions (login required)

View Item View Item