KONSEP KAFAAH DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH STUDI PANDANGAN ASATIDH PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK

Rofii, Ahmad (2022) KONSEP KAFAAH DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH STUDI PANDANGAN ASATIDH PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI FIX UPLOAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kafa>ahadalah kesetaraan antara calon suami dan istri dalam faktor-faktor tertentu. Islam menganjurkan adanya kafa>ahini merupakan hal yang perlu diperhatikan agar tujuan pernikahan dapat terwujud menjadi keluarga saki>nah dan abadi.Kafa>ahdianggap penting karena dalam perkawinan menyangkut kelangsungan hidup antara calon pasangan suami dan istri, kafa>ahtersebut sebagai sarana dasar kriteria dalam memilih pasangan agar dapat mecapai pasangan yang sakinah. alasan mengambil pandangan asa>ti>dh peneliti ingin mengetahui apakah calon suami maupun istri harus dari lulusan pesantren atau bisa yang dari luar pesantren. Yang mana di dalam >dh menikah dengan sesama santr. dalam hal ini asa>ti>dh pondok pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo berbeda pendapat tentang konsep kafa>ah dan ukuran kafa>ahhal ini yang membuat penulis tertarik memilih masalah melalui penulisan ini.
Dari latar belakang diatas peneliti menggunakan rumusan masalahadalah (1) Bagaimana konsep kafa>ahdalam membentuk keluarga saki>nah menurut asa>ti>dh pondok pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo?(2)Bagaimana ukuran kafa>ah menurut asa>ti>dhpondok pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo?.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data, wawancara. Untuk mengetahui pandangan asa>ti>dh di pondok pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo terhadap konsep dan ukurankafa>ahdalam membentuk keluargasaki>nah.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa, (1) Menurut asa>ti>dhkonsep kafa>ahdalam membentuk keluarga saki>nahitu setara, sepadan dengan calon suami maupun istri yang baik yang mana kesetaraan dan baik tersebut bisa membuat rumah tangga saki>nah. (2) ukuran kafa>ahmenurut asa>ti>dhdalam menentukan ukuranya melihat dari segi agama, nasab dan pendidikan. Adapun asa>ti>dh berbeda pandangan dalam memilih ukuran kafa>ah yaitu ada yang memilih dari segi agama dan nasab. Dan yang kedua ada yang memilih dari segi agama, pendidikan dan sifat qonaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ANIS HIDAYATUL IMTIHANAH
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:28
Last Modified: 08 Jun 2022 06:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18561

Actions (login required)

View Item View Item