Komparasi Kemampuan Pemahaman Konsep antara Metode Pembelajaran Demonstrasi Menggunakan Media Diorama dan Metode Pembelajaran Ceramah pada Siswa Kelas 4 di MI Ma’arif Sabilul Muttaqin

Yuliantika, Heti (2022) Komparasi Kemampuan Pemahaman Konsep antara Metode Pembelajaran Demonstrasi Menggunakan Media Diorama dan Metode Pembelajaran Ceramah pada Siswa Kelas 4 di MI Ma’arif Sabilul Muttaqin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_HETI YULIANTIKA_203180180.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Yuliantika, Heti. 2022. Komparasi Kemampuan Pemahaman Konsep antara Metode Pembelajaran Demonstrasi Menggunakan Media Diorama dan Metode Pembelajaran Ceramah pada Siswa Kelas 4 di MI Ma’arif Sabilul Muttaqin. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran, Media, Pemahaman, Siswa, IPA
Pembelajaran IPA yang saat ini berlangsung dilapangan umumnya verbalisme, yaitu pembelajaran berpusat pada guru yang pada kenyataannya cenderung kurang mampu mencapai tujuan pembelajaran. Kunci keberhasilan dari kegiatan pembelajaran sangat ditentukan oleh keahlian guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran, namun juga tidak terlepas oleh kemampuan siswa dalam proses pembelajaran tersebut. Guru dan siswa harus saling bekerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan yang maksimal. Siswa harus menunjukkan keaktifan dan kemampuannya di dalam kegiatan pembelajaran. Keaktifan dan kemampuan siswa dapat terwujud apabila orientasi pembelajaran berpusat kepada siswa, sehingga akan mampu mempercepat pemahaman siswa terhadap suatu konsep materi pembelajaran. Perhatian siswa akan terpusat jika pembelajaran yang diselenggarakan menarik, seperti halnya dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi menggunakan media diorama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen, mengetahui kemampuan pemahaman konsep kelas kontrol, dan mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa secara signifikan antara yang diterapkan metode pembelajaran demonstrasi menggunakan media diorama dengan tanpa diterapkan metode pembelajaran demonstrasi menggunanakan media diorama.
Penelitian ini menggunaan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design sebagai rancangan untuk penelitian dilapangan dengan menggunakan sampel total 44 siswa kelas 4. Pengambilan data yang dibutuhkan menggunakan instrumen tes pilihan ganda.
Kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen meningkat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil Pre-Test dan Post Test, sedangkan kemampuan pemahaman konsep untuk kelas kontrol, terdapat peningkatan pada sebagian siswa yang memang mengikuti proses pembelajaran dengan baik, sehingga berdasarkan analisis data dengan hasil perhitungan uji statistik diperoleh hasil signifikansi 2-tailed pada equal variances assumed sebesar 0,002 < 0,05 (taraf signifikansi pengukuran), maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan arti ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep dengan metode pembelajaran demonstrasi menggunakan media diorama terhadap siswa kelas 4 di MI Ma’arif Sabilul Muttaqin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:27
Last Modified: 14 Jun 2022 05:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18557

Actions (login required)

View Item View Item