Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Ayam Aduan Di Pasar Hewan Di Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun

Arganata, Bima Putra (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Ayam Aduan Di Pasar Hewan Di Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BIMA PUTRA ARGANATA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Arganata, Bima Putra. 2022. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Ayam Aduan di Pasar Hewan Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun.
Kata Kunci : Jual beli dalam islam.
Jual beli adalah akad yang dilakukan oleh dua pihak, dimana pihak pertama menyerahkan barang dan pihak kedua menyerahkan imbalan, baik berupa uang maupun barang.Objek jual beli bukan hanya barang (benda), tetapi juga manfaat, dengan syarat tukar-menukar berlaku selamanya, bukan untuk sementara. Dengan demikian, ijarah (sewa-menyewa) tidak termasuk jual beli karena manfaat digunakan untuk sementara, yaitu selama waktu yang ditetapkan dalam perjanjian.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Tinjauan hukum islam terhadap transaksi akad dalam jual beli ayam aduan pasar hewan Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun? (2) mengetahui hasil analisis tinjauan hukum islam terhadap penetapan harga dalam jual beli ayam aduan di pasar hewan Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kab.Madiun.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan (field research), merupakan suatu metode yang digunakan untuk menemukan secara khusus dan realistik apa yang tengah terjadi di masyarakat. Dengan kata lain, penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalh-masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, penelitian ini dilakukan secara langsung di tempat penelitian guna memperoleh data yang valid terhadap praktek jual beli ayam aduan di Pasar Hewan Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun
Dari penelitian yang penulisan lakukan ada praktek jual beli ayam aduan yang dilakukan di Desa Dolopo kecamatan Dolopo kabupaten madiun adalah Bahwa terhadap akad jual beli ayam aduan diPasar Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun di tinjau dari hukum islam terkait akad jual beli, diihat dari syarat-syarat jual belinya ada yang sudah sesuai dan ada yang belum sesuai. Terhadap Sīghāt nya dimana harusnya ada dua belah pihak yang sah di awal, akan tetapi tiba-tiba penjual beralih pada pembeli yang menawar ayam aduan lebih tinggi. Sedangkan untuk Mā’qud ‘ālāīhdanĀqīdnya sudah sesuai. Jadi terhadap penetapan harga ayam aduan yang dijual di pasar hewan di Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun termasuk akad yang dilarang. Karena prakteknya transaksi jual beli ayam aduan dilakukan dengan cara jual beli Mūzāyādāh, dimana penjual menyerahkan ayam aduannya kepada pembeli yang menawar lebih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. ILHAM TANZILULLOH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:23
Last Modified: 08 Jun 2022 06:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18551

Actions (login required)

View Item View Item