Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Tingkat Stres PAda Anak Broken Home Di Desa Ngranget Dagangan Madiun

Hamidah, Harisa Matsna Nur Hamidah (2022) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Tingkat Stres PAda Anak Broken Home Di Desa Ngranget Dagangan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETHESIS PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hamidah, Harisa Matsna Nur. 2022. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Tingkat Stres Pada Anak Broken Home Di Desa Ngranget Dagangan Madiun. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah. Pembimbing Fendi Krisna Rusdiana, M.Psi.

Keluarga adalah tempat pertama bagi anak yang memberikan peran pada mental dan fisiknya. Dalam interaksi yang terdapat dalam keluarga anak tidak hanya mengetahui dan mengenal dirinya dan orang tuanya, melainkan juga bisa menganal lingkungan dan alam sekitarnya. Sehingga ketika orang tuanya bercerai akan membawa banyak dampak negatif khususnya bagi anak. Dari perceraian orang tuanya anak akan merasa ditinggalkan, tidak dipedulikan dan tidak dicintai kembali, sehingga menimbulkan hal-hal negatif bagi anak seperti gangguan psikologisnya misalnya depresi, stres, frustasi serta gangguan-gangguan lain yang menyimpang dari norma yang berlaku tentu hal ini akan menghambat bahkan merusak masa depan anak. Oleh karena itu, anak butuh dukungan sosial dari lingkungan sekitar seperti keluarga, teman, gurudan lain-lain untuk mengurangi dampak negatif tersebut. Harapannya dengan adannya dukungan sosial anak akan merasa adannya kehadiran orang lain yang dapat membuat percaya dan sadar bahwa dirinya dicintai, disayangi, dipedulikan dan diperhatikan. Apabila seorang anak broken home mendapatkan dukungan sosial dari lingkungan sekitar maka kemungkinan besar anak tersebut akan semangat kembali menjalani hidup meski harus menelan kenyataan pahit bahwa orang tuanya bercerai. Berdasarkan paparan latar belakang diatas, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan sosial dan tingkat stres pada anak broken yang berlokasikan di Desa Ngranget Dagangan Madiun
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan statistik sebagai alat bantu dalam menganalisis data yang ada, yang mana dalam mencari data menggunakan angket kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak broken home yang ada di Desa Ngranget Dagangan Madiun dengan sampel sejumlah 60 anak sehingga metode sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yang seluruh populasi dijadikan sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji instrument, uji asumsi, uji statistik , dan uji hipotesis.
Dari perhitungan korelasi pearson produk moment mendapatkan nilai -0,307 dengan signifikan 0,017 < 0,05, artinya terdapat hubungan negatif antara dukungan sosial dan tingkat stres pada anak broken home di Desa Ngranget Dagangan Madiun. Semakin tinggi dukungan sosial maka semakin rendah tingkat stres yang diderita, begitu pun sebaliknya semakin rendah dukungan sosial maka semakin tinggi tingkat stres yang dialami.Kesimpulannya bahwasanya ada hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial dan tingkat stres pada anak broken home di Desa Ngranget Dagangan Madiun. Hal ini sesuai dengan hasil perhitungan hipotesis yaitu pada taraf signifikan yaitu 0,017 < 0,05, maka Ha diterima.

Kata Kunci : Dukungan Sosial Dan Tingkat Stres

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fendi Krisna Rusdiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:22
Last Modified: 08 Jun 2022 06:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18550

Actions (login required)

View Item View Item