Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi terhadap Minat Belajar Fikih Siswa di MTs Ma'arif Balong

Sari, Kharisma Novita (2022) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi terhadap Minat Belajar Fikih Siswa di MTs Ma'arif Balong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHARISMA NOVITA SARI 201180118.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Minat belajar adalah suatu dorongan pada diri individu yang menimbulkan ketertarikan dan kepuasan pada diri serta perasaan senang dalam belajar. Minat belajar berperan penting dalam mencapai keberhasilan proses belajar mengajar, karena dengan adanya minat siswa akan mudah menerima dan mengembangkan materi pelajaran yang diberikan guru. Pada realita sekarang, masih banyak ditemukan permasalahan yang ditimbulkan karena rendahnya minat belajar siswa. Dari hasil observasi awal yang diperoleh peneliti melalui wawancara dengan salah satu guru mata pelajaran fikih di MTs. Ma’arif Balong, Ponorogo bahwa siswa di MTs Ma’arif Balong memiliki minat belajar yang cukup rendah. Hal tersebut ditandai dengan kurangnya semangat dan antusias siswa dalam pembelajaran, dimana terlihat beberapa siswa yang mengobrol dan bermain ketika pembelajaran, bosan dan gampang mengeluh ketika di beri tugas oleh guru. Pada dasarnya setiap siswa memiliki minat belajar yang berbeda satu sama lain yang dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Hal tersebut dikarenakan adanya faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi minat belajar siswa. Dilihat dari salah satu faktor internal yang berpengaruh adalah motif (motivasi). Sedangkan dari faktor eksternal yang berpengaruh adalah lingkungan keluarga.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui minat belajar fikih siswa di MTs Ma’arif Balong; (2) mengetahui lingkungan keluarga siswa di MTs Ma’arif Balong; (3) mengetahui motivasi siswa di MTs Ma’arif Balong; (4) mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar fikih siswa di MTs Ma’arif Balong; (5) mengetahui signifikansi pengaruh motivasi terhadap minat belajar fikih siswa di MTs Ma’arif Balong; (6) mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi terhadap minat belajar fikih siswa di MTs Ma’arif Balong.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto yang berusaha meneliti fenomena-fenomena empiris yang telah terjadi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas tujuh di MTs Ma’arif Balong sejumlah 72 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh karena jumlah populasi relatif kecil yaitu kurang dari 100, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Adapun Instrumen pengumpulan datanya dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Pada uji asumsi terdiri dari uji linieritas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas dan uji autokorelasi. Pada uji hipotesis, peneliti menggunakan uji regresi linier sederhana yang digunakan untuk mengetahui pengaruh x terhadap y dan uji regresi lilnier berganda untuk mengetahui pengaruh x1 dan x2 secara bersama-sama terhadap y.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) minat belajar siswa di MTs Ma’arif Balong termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 70,83%. (2) lingkungan keluarga siswa di MTs Ma’arif Balong termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 72,22%. (3) motivasi siswa di MTs Ma’arif Balong termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 73,61%. (4) lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar fikih siswa di MTs Ma’arif Balong dengan persentase sebesar 39,4%. (5) motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar fikih siswa di MTs Ma’arif Balong dengan persentase sebesar 67,7%. (6) lingkungan keluarga dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar fikih siswa di MTs Ma’arif Balong dengan persentase sebesar 68,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:32
Last Modified: 08 Jun 2022 06:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18548

Actions (login required)

View Item View Item