Strategi Dakwah Melalui Kesenian Jaranan Brandal Lokajaya PAC. GP. Ansor Kota Ponorogo

Walida, Adin Misbah (2022) Strategi Dakwah Melalui Kesenian Jaranan Brandal Lokajaya PAC. GP. Ansor Kota Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e-thesis adin.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Adin Misabah Walida. 2022. Strategi Dakwah melalui Kesenian Jaranan Brandal Lokajaya PAC. GP. Ansor Kota Ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Choirul Rofiq, M.Fil.I.
Kata Kunci: Strategi Dakwah, Jaranan, Brandal Lokajaya, PAC. GP. Ansor
Umat Islam pada saat ini terlibat konflik akibat perbedaan pendapat atau aliran yang dianut sehingga menyebabkan banyak umat Islam yang terpecah belah. Selain itu, para pemuda Islam pada saat ini banyak yang mengalami krisis moral dan penyimpangan sosial akibat dari salah pergaulan, salah komunitas, dan lain sebagainya. Krisis moral ini menyerang keimanan para pemuda Islam yang membuatnya lemah dalam sisi kepercayaan dan ketauhidan. Kondisi seperti ini harus segera dikembalikan ke jalan yang benar. Dengan adanya kesenian Jaranan Brandal Lokajaya ini, penyimpangan sosial yang terjadi bisa diminimalisir karena kesenian Jaranan Brandal Lokajaya adalah wadah bagi para pelaku penyimpangan sosial untuk kembali ke jalan yang benar. Jaranan Brandal Lokajaya melakukan dakwah dengan menggunakan media kesenian jaranan yang banyak diminati dan dikagumi para pemuda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dakwah melalui kesenian Jaranan Brandal Lokajaya PAC. GP. Ansor Kota Ponorogo, makna simbol yang terkandung dalam kesenian Jaranan Brandal Lokajaya PAC. GP. Ansor Kota Ponorogo, dan respon masyarakat terhadap kesenian Jaranan Brandal Lokajaya PAC. GP. Ansor Kota Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan kesenian Jaranan Brandal Lokajaya PAC. GP. Ansor Kota Ponorogo melalui tiga tahap, yaitu Suguh Pambuko, tahap masuknya penari jaranan dan celenng srenggi, dan tahap terakhir atau klimaks yang ditandai dengan masuknya barongan (caplokan). Terdapat tiga unsur dalam kesenian Jaranan Brandal Lokajaya, yaitu pengrawit, paraga, dan paneges. Kedua, makna simbol yang terkandung dalam kesenian Jaranan Brandal Lokajaya PAC. GP. Ansor Kota Ponorogo yaitu kuda kepang yang menyimbolkan sifat manusia yang mempunyai semangat layaknya kuda, celeng srenggi menyimbolkan sifat manusia yang rakus layaknya celeng (babi hutan), dan barongan (caplokan) yang menyimbolkan sifat manusia yang semaunya sendiri, tidak memiliki sikap sopan dan santun, serta berlagak seperti penguasa. Ketiga, respon masyarakat terhadap kesenian Jaranan Brandal Lokajaya ini banyak yang memberikan respon baik karena dapat melestarikan budaya warisan leluhur dan untuk media dakwah menyebarkan ajaran agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Choirul Rofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:33
Last Modified: 08 Jun 2022 06:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18545

Actions (login required)

View Item View Item