ANALISIS FIQH MUAMALAH DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN RUMAH SYARIAH DI PT. SABAB PODHO MORO

KHOIRI, AHMAD ABDUR ROZZAQIL (2022) ANALISIS FIQH MUAMALAH DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN RUMAH SYARIAH DI PT. SABAB PODHO MORO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210217075_AHMAD ABDUR ROZZAQIL KHOIRI_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khoiri, Ahmad Abdur Rozzaqil 2022. Analisis Fiqh Muamalah Dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Terhadap Pembiayaan Kepemilikan Rumah Syariah Di PT. Sabab Podho Moro. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Khairil Umami, M.S.I.
Kata Kunci: Jual Beli Istis{na>’, Pembiayaan, Rumah Syariah, Objek Jual Beli, Serah Terima Bangunan
Perumahan Griya As-Sakinah merupakan salah satu unit usaha yang bergerak dalam bidang penjualan rumah syariah. Dalam pembiayaan kredit kepemilikan rumah syariah PT. Sabab Podho Moro berpedoman pada teori fiqih muamalah dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Akad jual beli yang digunakan oleh PT. Sabab Podho Moro adalah akad istis{na>’. Perihal objek jual beli dalam pembiayaa kepemilikan rumah syariah
PT. Sabab Podho Moro melakukan pemasaran kavling dan rumah siap bangun dengan ukuran luas tanah yang belum jelas namun sudah dipasrkan kepada pembeli. Adapun terkait dengan penerapan pelaksanaan serah terima bangunan, perumahan Griya As-sakinah PT. Sabab Podho Moro sering terjadi keterlambatan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana analisis fiqh muamalah dan undang-undang perlindungan konsumen terhadap objek jual beli dalam pembiayaan kepemilikan rumah syariah di PT. Sabab Podho Moro, dan Bagaimana analisis fiqh muamalah dan undang-undang perlindungan konsumen terhadap terlambatnya serah terima bangunan dalam pembiayaan kepemilikan rumah syariah di PT. Sabab Podho Moro.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa objek jual beli dalam pembiayaan kepemilikan rumah syariah di PT. Sabab Podho Moro tidak sesuai dengan ketentuan fiqih muamalah yaitu objek jual beli mengandung unsur gharar dan dalam hal ini PT. Sabab Podho Moro telah melanggar ketentuan kewajiban pelaku usaha yang terdapat dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen pada pasal 7 huruf b, dan huruf g. Adapun terkait dengan pelaksanaan serah terima bangunan PT. Sabab Podho Moro belum sepenuhnya sesuai denga ketentuan fiqih muamalah dan melanggar Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pasal 16 yang mana developer PT. Sabab Podho Moro seringkali melaksanakan keterlambatan serah terima bangunan kepada user dan atau telah melakukan tindakan wanprestasi yaitu memenuhi prestasi tetapi tidak tepat waktunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: KHAIRIL UMAMI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:51
Last Modified: 08 Jun 2022 02:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18537

Actions (login required)

View Item View Item