Manajemen Pendidikan Karakter Jujur, Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Daring Di Era New Normal Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo)

Sari, Shilvi Nofita (2022) Manajemen Pendidikan Karakter Jujur, Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Daring Di Era New Normal Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Tesis_Shilvi Nofita.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sari, Shilvi Nofita. Karakter pada masa pandemi covid-19. Situasi ini membuat lembaga sekolah untuk melaksanakan proses pembelajaran dari rumah. Pembelajaran daring berpengaruh terhadap karakter peserta didik. Hal itu ditunjukkan pada pembelajaran yang cenderung mengarah kepada aspek kognitif dan psikomotor saja dan tidak munculnya penilaian pada aspek afektif karena kurangnya interaksi guru dengan peserta didik. Para guru harus memodifikasi rencana pembelajaran sedemikian rupa agar metode yang digunakan tepat dan dipahami oleh peserta didik. Tantangan tersebut bukan hanya terletak pada metode untuk transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga pada pembelajaran daring tetap fokus terhadap pendidikan karakter.
Peneliti pada penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis perencanaan pendidikan karakter jujur, disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran daring di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo pada era new normal pandemic covid-19. (2) Menganalisis pelaksanaan pendidikan karakter jujur, disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran daring di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo pada era new normal pandemic covid-19. (3) Menganalisis evaluasi pendidikan karakter jujur, disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran daring di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo pada era new normal pandemic covid-19
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan data kondensasi, menyajikan data, dan menarik simpulan atau verifikasi.
Hasil Penelitian ini yaitu: (1) Melakukan rapat koordinasi bersama guru dan para staf karyawan membuat program sekolah selama pembelajaran daring di masa pandemi, penyusunan perangkat pembelajaran, kegiatan pendidikan karakter diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan pembiasaan, serta melakukan sosialisasi kepada wali murid untuk dapat bekerja sama selama pembelajaran daring dilakasanakan. (2) Kegiatan pembelajaran dilaksanakan meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup dengan mengembangkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin dan tanggung jawab, kemudian kegiatan pembiasaan yang meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan dan kegiatan terprogram. (3) Evaluasi pendidikan karakter dengan penilaian pada aspek pembelajaran dan pemantauan yang dilakukan guru melalui kerja sama orang tua peserta didik. Dampak pada penerapan program pendidikan karakter berpengaruh terhadap sikap peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran dengan keaktifan peserta didik, ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas, dan tanggung jawab sebagai pelajar dengan mematuhi peraturan-peraturan selama proses daring.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:38
Last Modified: 08 Jun 2022 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18535

Actions (login required)

View Item View Item