Upaya Meningkatkan Sikap Keagamaan Anak Melalui Penerapan Kegiatan Keagamaan: Studi Kasus Di Lksa Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo

Hermawati, Kiki Ayu (2022) Upaya Meningkatkan Sikap Keagamaan Anak Melalui Penerapan Kegiatan Keagamaan: Studi Kasus Di Lksa Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180479 KIKI AYU HERMAWATI PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hermawati, Kiki Ayu. 2022, Upaya Meningkatkan Sikap Keagamaan Anak Melalui Penerapan Kegiatan Keagamaan: Studi Kasus di Lksa Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci: Sikap Keagamaan, Kegiatan Keagamaan

Sikap keagamaan merupakan hal yang perlu ditingkatkan dalam masa revolusi industri 4.0 menuju masa society 5.0 sebagai dasar untuk menjadi manusia insan kamil yang memiliki keseimbangan antara pemahaman agama dan tindakan yang dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada beberapa anak yang kurang memiliki sikap keagamaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari dan ini terjadi di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo. Sehingga, pihak LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo mempunya kebijakan berupa menerapkan kegiatan keagamaan bagi anak. Penerapan kegiatan tersebut juga terbukti memiliki dampak bagi sikap keagamaan anak berdasarkan pencapaian dari indikator sikap keagamaan yang telah dipenuhi oleh anak di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Penerapan kegiatan keagamaan di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan kegiatan keagamaan di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo. (3) Dampak dari penerapan pembiasaan kegiatan keagamaan terhadap sikap keagamaan anak di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi struktur, observasi partisipan aktif, dan dokumentasi. Data yang digunakan menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, display data, dan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan yaitu: (1) Penerapan pembiasaan kegiatan keagamaan di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo menggunakan pendekatan pembiasaan, dan metode nasihat dan menerapkan kegiatan salat Subuh dan pembacaan Al-Quran, salat Asar dan pembelajaran bahasa Arab, salat Magrib dan pembelajaran fikih, dan salat Isya dan majelis taklim. Sedangkan proses evaluasi diadakan setiap akhir pekan dan akhir bulan dengan memberikan hadiah serta hukuman bagi anak yang melanggar. (2) Faktor pendukung berupa teman, pengasuh, dan pribadi anak itu sendiri. Sedangkan faktor penghambat adalah rasa malas. (3) Dalam menumbuhkan sikap keagamaan anak di LKSA Tunanetra Terpadu’Aisyiyah Ponorogo menggunakan pendekatan pembiasaan, dan metode nasihat. Contoh sikap keagamaan anak berupa hormat kepada orang tua, toleransi, dan saling menasihati. Dan hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan memberikan pengaruh yang baik bagi anak dengan adanya data anak yang bermasalah menurun dari tahun 2020 ke tahun 2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:43
Last Modified: 08 Jun 2022 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18532

Actions (login required)

View Item View Item