Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penetapan Harga dalam Transaksi Jual Beli Porang dengan Sistem Ngijo di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten

Irawan, Feri (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penetapan Harga dalam Transaksi Jual Beli Porang dengan Sistem Ngijo di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Feri Irawan_102180048_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Irawan, Feri. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penetapan Harga dalam Transaksi Jual Beli Porang dengan Sistem Ngijo di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Anjar Kususiyanah, M.Hum.
Kata kunci/keyword: Hukum Islam, Penetapan Harga, Porang.

Penetapan harga pada transaksi jual beli adalah hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh para petani porang Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo yang menjual hasil panen tanaman porangnya kepada para pengepul atau bakul menggunakan sistem ngijo. Penetapan harga pada sistem ini adalah menggunakan satuan harga tahun sebelumnya.Yang mana dalam hal ini akan ada selisih perbedaan harga.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem penetapan harga dalam transaksi jual beli porang dengan sistem ngijo di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap keadilan penetapan harga dalam transaksi jual beli porang dengan sistem ngijo di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo?

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseacrh), pendekatannya menggunakan pendekatan fenomologis. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara dan observasi. Lalu, untuk analisis datanya digunakan metode induktif.
Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah pertama, terkait penetapan harga yang dilakukan pada transaksi jual beli porang dengan sistem ngijo adalah tidak sejalan dengan hukum Islam karena terdapat unsur gharar sebagaimana terdapat dalam HR. Abu Daud dan Muslim. Kedua, terkait dengan penerapan keadilan pada transaksi jual beli tersebut adalah terpenuhi karena penetapan harga yang digunakan berdasarkan kesepakatan dan kerelaan kedua belah pihak. Hal ini sejalan dengan HR. Baihaqi dan Ibn Ma>jah. Walaupun nantinya akan ada salah satu pihak yang dirugikan karena harga yang digunakan adalah mengacu pada harga panen tahun sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anjar Kususiyanah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:35
Last Modified: 08 Jun 2022 06:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18525

Actions (login required)

View Item View Item