GAYA KOMUNIKASI SUHAY SALIM DALAM KONTEN YOUTUBE MAY FAVORITES 2021

Agustina, Heni Krisma Lilik (2022) GAYA KOMUNIKASI SUHAY SALIM DALAM KONTEN YOUTUBE MAY FAVORITES 2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HENI KRISMA UPLOAD E-THESES.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Agustina,Heni Krisma Lilik.
Kata kunci: Komunikasi Verbal, Nonverbal, Gaya Komunikasi

Setiap komunikator memiliki kemampuan dalam melakukan komunikasi. Bagi beauty vlogger tentunya kemampuan berkomunikasi menjadi unsur utama untuk menarik penonton. Suhay Salim merupakan salah satu beauty vlogger yang menerapkan keunikan cara dalam menyampaikan pesan. Konten Suhay Salim sangat sederhana tanpa adanya unsur pendukung seperti musik, teks, maupun animasi. Dengn hal ini dalam menyajikan konten unsur utama yang dilakukan Suhay Salim adalah kemampuan dalam berkomunikasi atau gaya komunikasi. May Favorites 2021 merupakan konten youtube Suhay Salim yang di dalamnya memuat penerapan gaya komunikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Mengetahui bentuk komunikasi verbal dan nonverbal yang terdapat dalam konten Youtube Suhay Salim May Favorites 2021. (2) Mengetahui gaya komunikasi yang digunakan Suhay Salim dalam konten youtube May Favorites 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan menggunakan teori gaya komunikasi J.A Waters.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk komunikasi verbal ditunjukkan dengan permainan bahasa dalam bentuk peribahasa, cerita dan humor disertai permainan intonasi. Sedangkan bentuk komunikasi nonverbal ditunjukkan dengan penggunaan bahasa tubuh dan gerak mata. (2) Gaya Komunikasi yang digunakan Suhay Salim dalam konten Youtube May Favorites 2021 adalah assertive style dan aggressive style. Gaya assertive style ditunjukkan dengan keterbukaan dalam menyampaikan pesan, ekspresi wajah yang menarik, ramah, percaya diri dan suka bercanda. Sedangkan gaya aggressive style ditunjukkan dengan gerakan nonverbal yang berlebihan, dan perkataan yang ceplas-ceplos.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:29
Last Modified: 08 Jun 2022 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18523

Actions (login required)

View Item View Item