KB STERIL BAGI WANITA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Dusun Dagen Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Pacitan)

Febriati, Febriati (2022) KB STERIL BAGI WANITA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Dusun Dagen Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI FEBRIATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Febriati, 2022, KB Steril Bagi Wanita Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Dusun Dagen Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Pacitan). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Rif’ah Roihanah, S.H., M.Kn.

Kata Kunci: KB Steril, Pandangan Fikih.

Terciptanya program KB sendiri bertujuan sebagai pengaturan jarak kelahiran atau mengatur kehamilan. Yang diharapkan mampu membawa kemaslahatan dan mencegah kemudharatan bagi penggunanya dan orang lain. Seiring berkembangnya zaman muncul berbagai macam jenis KB, termasuk juga KB Steril. Dalam pelaksanaannya KB Steril tidak boleh begitu saja dibenarkan. Lantas mengapa masih ada orang yang menggunakan KB tersebut. Sepertihalnya yang dilakukan oleh beberapa wanita di Dusun Dagen Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Pacitan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana perspektif hukum Islam terhadap alasan dilakukannya KB steril di kalangan wanita Dusun Dagen Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo ?(2) bagaimana perspektif hukum Islam terhadap teknik penggunaan KB steril bagi wanita di Dusun Dagen Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Pacitan ?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pertama, dalam pandangan Hukum Islam terhadap alasan penggunaan KB steril yang dilakukan di Dusun Dagen Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Pacitan yang diperbolehkan adalah yang dilakukan dengan alasan kesehatan/usia, kemudian yang tidak diperbolehkan adalah dengan alasan ekonomi karena dalam fikih hanya dengan indikasi medis/kedaruratan KB steril boleh dilakukan. Kedua, dalam pandangan Hukum Islam terhadap tehnik penggunaan KB steril yang dilakukan di Dusun Dagen Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Pacitan yang diperbolehkan adalah dengan cara pengikatan saluran tuba (cara irving) dan pemasangan (yoon ring) pada saluran tuba kemudian yang tidak diperbolehkan adalah dengan tehnik pemotongan saluran tuba karena dalam pandangan fikih hanya boleh melakukan tindakan KB tetapi tidak dengan menghilangkan fungsi secara total dari kegiatan ber-KB tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rif’ah Roihanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:31
Last Modified: 08 Jun 2022 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18518

Actions (login required)

View Item View Item