Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Buku Orangtuanya Manusia Karya Munif Chatib

Apriningrum, Cindy Oktavia Dea (2022) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Buku Orangtuanya Manusia Karya Munif Chatib. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CINDY OKTAVIA DEA APRININGRUM 203180151.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Apriningrum, Cindy Oktavia Dea. 2022. Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Buku Orang Tuanya Manusia Karya Munif Chatib. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Dhinuk Puspita Kirana, M.Pd.
Kata Kunci : Buku Orangtuanya Manusia, Islam, Pendidikan
Banyak orang tua khususnya orang tua muslim belum bisa memahami bagaimana cara mendidik anak dengan berlandaskan nilai-nilai pendidikan Islam, sehingga menyebabkan anak berada pada tempat yang cukup jauh dari agama dan anak tumbuh dan berkembang tidak sesuai dengan fitrahnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terdapat pada buku Orangtuanya Manusia karya Munif Chatib dan cara mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung pada buku Orangtuanya Manusia karya Munif Chatib ke dalam kelas SD/MI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan literer dan jenis penelitian kepustakaan (library research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi yaitu pengumpulan data dan sumber-sumber catatatan, buku dan sebagainya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis (analisis isi).
Dapat disimpulkan bahwa pada buku Orangtuanya Manusia terkandung nilai-nilai pendidikan Islam. Pertama nilai I’tiqadiyah atau keyakinan yang meliputi Iman kepada Allah dan meyakini penciptaan Allah. Kedua, nilai Amaliyah atau perbuatan yang meliputi hubungan antara pemerintah dan rakyat, pendidikan syakhsiyah. Ketiga, nilai Khuluqiyah atau akhlak yang meliputi akhlak kepada Allah yaitu dicerminkan dengan berdoa hanya kepada Allah, akhlak dalam keluarga yaitu tanggung jawab orangtua terhadap anak, hak, kewajiban dan kasih sayang antara suami dan istri. Nilai-nilai pendidikan Islam dapat diintegrasikan dalam kelas SD/MI dengan pembiasaan salat dhuha, membaca doa sebelum kegiatan pembelajaran, membaca juz amma’, dan memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk bisa mengembangkan bakatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dhinuk Puspita Kirana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:06
Last Modified: 08 Jun 2022 02:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18511

Actions (login required)

View Item View Item