POLA PRAKTIK SEWA MENYEWA SAWAH BERJANGKA WAKTU PERSPEKTIF 'URF DI DESA PULOSARI KECAMATAN JAMBON KABUPATEN PONOROGO

Badriyah, Eva Husnia Lailatul (2021) POLA PRAKTIK SEWA MENYEWA SAWAH BERJANGKA WAKTU PERSPEKTIF 'URF DI DESA PULOSARI KECAMATAN JAMBON KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
102180013_Eva Husnia Lailatul Badriyah_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Badriyah, Eva Husnia Lailatul, 2022. Pola Praktik Sewa Menyewa Sawah Berjangka Waktu Perspektif ‘Urf Di Desa Pulosari Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Hj. Novi Fitia Maliha, M.H.I.
Kata kunci: Sewa-menyewa, ‘Urf, dan Berjangka Waktu
Dalam syariat Islam terdapat salah satu dalil yang dapat dijadikan pijakan hukum salah satunya adalah ‘urf. Di Desa Pulosari Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo terdapat praktik sewa-menyewa sawah berjangka waktu yang sudah lama dilakukan oleh masyarakat setempat. Dalam praktiknya yang dijadikan objek sewa-menyewa adalah sawah oleh pemilik dan penyewa, tetapi oleh penyewa disewakan kembali kepada orang lain. Berangkat dari latar belakang masalah tersebut, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai “Pola Praktik Sewa Menyewa Sawah Berjangka Waktu Di Desa Pulosari Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo.
Permasalah yang akan diteliti adalah yang pertama, bagaimana perspektif ‘urf terhadap akad praktik sewa-menyewa sawah berjangka waktu di Desa Pulosari Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo, kedua bagaimana perspektif ‘urf terhadap faktor penyebab pelaksanaan praktik sewa-menyewa sawah berjangka waktu di Desa Pulosari Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode induktif, yaitu pembahasan yang diawali dengan menekankan pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pada akad sewa-menyewa sawah berjangka waktu di Desa Pulosari Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo sudah memenuhi syarat-syarat dilakukannya adat kebiasaan dalam hal perbuatan. Jika ditinjau dari segi sifatnya termasuk ‘urf qauli, jika ditinjau dari diterima atau tidaknya termasuk ‘urf ṣahih, jika ditinjau dari ruang lingkup berlakunya termasuk ‘urf ‘amm. Sedangkan faktor penyebab terjadinya praktik sewa-menyewa sawah berjangka waktu jika ditinjau dari segi sifatnya termasuk ‘urf amali, jika ditinjau dari segi diterima atau tidaknya termasuk ‘urf ṣahih, sedangkan jika ditinjau dari ruang lingkup berlakunya termasuk ‘urf ‘amm.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Novi Fitia Maliha
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 01:59
Last Modified: 08 Jun 2022 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18508

Actions (login required)

View Item View Item