..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Pesan Moral Dalam Lirik Lagu Noah Band Jalani Mimpi Dari Album Keterkaitan Keterikatan (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Yaqien, M Insan Ainul (2022) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Pesan Moral Dalam Lirik Lagu Noah Band Jalani Mimpi Dari Album Keterkaitan Keterikatan (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211017006_M Insan Ainul Yaqien_Komunikasi dan Penyiaran Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Yaqien, M Insan Ainul. 2022. Pesan Moral Dalam Lirik Lagu Noah Band Jalani Mimpi Dari Album Keterkaitan Keterikatan (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (Iain) Ponorogo. Pembimbing Kayyis Fitri Ajhuri, M.A.

Kata Kunci : Pesan, Pesan Moral, Lirik Lagu Jalani Mimpi, Noah Band

Peran musik sebagai media penyampai pesan menjadi salah satu alasan mengapa musik banyak digandrungi oleh berbagai kalangan. Pesan dalam musik disampaikan melalui lagu. Lagu diciptakan lalu dinyayikan oleh sang Pencipta atau orang lain agar dapat didengar oleh semua orang. Penyematan pesan moral dalam lagu telah banyak dilakukan oleh para pencipta lagu. Hal ini bukanlah hanya pelengkap saja dalam sedertan karya dari pencipta lagu tersebut. Melainkan ada musisi yang memang gemar menyelipkan pesan moral pada setiap album yang diproduksinya. Salah satunya adalah Noah band. Noah adalah salah satu grup band papan atas di Indonesia. Band ini digawangi oleh Ariel(vokal), Lukman(gitar), dan David(keyboard).
Dalam penelitian ini peneliti menyajikan pembahasan meliputi: (1) Apa saja pemaknaan yang terdapat dalam lirik lagu Jalani Mimpi karya Noah band dalam album Keterkaitan Keterikatan bedasarkan semiotika Roland Barthez (2) Bagaimana pesan moral yang terkandung dalam lagu Jalani Mimpi Noah band dalam album Keterkaitan Keterikatan
Penelitian ini adalah penelitian kuaitatif dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang diterapkan dalam penelitian adalah metode analisis semiotika Rolland Barthes, dengan proses pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.
Hasi dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan yaitu: Pemaknaan lirik lagu Jalani Mimpi dibagi menjadi makna denotasi, Makna Konotasi dan Mitos. Makna denotasi yang terdapat dalam lirik lagu Jalani Mimpi adalah lirik itu sendiri. Makna konotasi dari lirik lagu Jalani Mimpi adalah pesan untuk mereka yang sedang terpuruk dalam hidup. Makna mitos dalam lirik lagu Jalani Mimpi adalah perjuangan yang keras dan pantang menyerah. Pesan moral yang terkandung dalam lirik lagu Jalani Mimpi dibagi menjadi tiga yaitu: Pesan moral sosial, kebiasaan, dan religius atau keagamaan. Yang meliputi sikap mencintai diri sendiri, percaya diri, optimis, berani melalui tantangan hidup, dan sifat qanaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2022 01:53
Last Modified: 08 Jun 2022 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18502

Actions (login required)

View Item View Item