KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL GURU PADA ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA B-C DHARMA WANITA KOTA MADIUN

Aulia, Rifngatul (2022) KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL GURU PADA ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA B-C DHARMA WANITA KOTA MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ethesis Rifngatul Aulia.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rifngatul, Aulia. Kemampuan berkomunikasi anak tunarungu dapat dikembangkan jika ada
beberapa faktor pendukung. Salah satunya adalahbimbingan dari guru sekolah
mengenai bagaimana komunikasi verbal dan non verbal itu dilakukan. Suatu
komunikasi dapat berjalan dengan lancar jika guru bisa menyampaikannya dengan
baik. Dari pemaparan tersebut ditemukan rumusan masalah yaitu, Bagaimana Pola
Komunikasi Verbal dan Non Verbal yang dilakukan guru pada Anak Tunarungu di
Sekolah Luar Biasa B-C Dharma Wanita Kota Madiun, Apa saja bentuk-bentuk
Komunikasi Verbal dan Non verbal yang digunakan Guru dalam berinteraksi dengan
anak Tunarungu di SLB B-C Dharma Wanita Kota Madiun, serta apa saja langkahlangkah yang diambil guru untuk mendapatkan feedback dari siswa dalam Komunikasi
Verbal dan Non Verbal di SLB B-C Dharma Wanita Kota Madiun?
Penelitian ini untuk mengetahui apa saja pola komunikasi yang dilakukan guru
pada anak tunarungu dalam berkomunikasi di SLB B-C Dharma Wanita Kota Madiun,
serta untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk komunikasi verbal dan non verbal guru
yang dilakukan pada anak tunarungu, dan yang terakhir untuk mengetahui feedback
apa saja yang di dapat guru setelah melakukan komunikasi verbal dan non verbal pada
anak tunarungu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi interpersonal antara guru
dan siswa dalam berinteraksi sudah sesuai dengan teori pola komunikasi yaitu: (1)
adanya komunikasi satu arah, dua arah, dan banyak arah (2) terdapat komunikasi
langsung atau tatap muka, (3) menggunakan bahasa verbal dan nonverbal. Bentuk
komunikasi verbal dan non verbal yang dipakai di SLB B-C Dharma Wanita Kota
Madiun meliputi komunikasi lisan dan tulisan, serta mendengarkan dan membaca
untuk verbalnya, sedangkan untuk non verbalnya meliputi bahasa isyarat dan gerakan
tubuh. Dalam mendapatkan feedback dari siswanya guru di SLB B-C Dharma Wanita
ini menggunakan berbagai strategi diantaranya dengan memancing apersepsi siswa,
memberikan motivasi, menggunakan metode mengajar bervariasi, berdiskusi, dan
memberikan reward.
Kata Kunci : Anak Tunarungu, Komunikasi Verbal, Non Verbal

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: KAYYIS FITHRI AJHURI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 08:56
Last Modified: 07 Jun 2022 08:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18496

Actions (login required)

View Item View Item