Dampak Pola Asuh Ibu Single Parent Terhadap Perkembangan Kepribadian Remaja (Studi Kasus Di Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Devy, Faradila Arianti (2022) Dampak Pola Asuh Ibu Single Parent Terhadap Perkembangan Kepribadian Remaja (Studi Kasus Di Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_FARADILA ARIANTI D_BPI.docx

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK
devy, Faradila Arianti. Pola asuh sangat diperlukan oleh orang tua sebagai cara untuk mendidik, mengarahkan, mengkontrol dan melindungi anak, Sama halnya dengan ibu single parent yang juga perlu akan pola asuh untuk mendidik dan membesarkan anaknya walau seorang diri. Keadaan menjadi seorang ibu single parent dapat berpengaruh terhadap pengasuhan ibu yang sendiri dan dihadapkan dengan peran baru. Masalah-masalah akan mungkin terjadi akibat kondisi ini, namun banyak juga ibu single parent yang mampu berhasil dan mandiri. Pola asuh terdiri dari beberapa macam jenis dan dampak yang ditimbulkan, semua dampak yang timbul dari penerapan pola asuh berpengaruh pada perkembangan kepribadian anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang diberikan ibu single parent bagi remaja, permasalahan yang dihadapi ibu single parent pada proses pengasuhan remaja dan dampak pola asuh ibu single parent terhadap perkembangan kepribadian remaja yang dilakukan di Desa Tambakmas Kebonsari Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan dekriptif kualitatif. Data diambil menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subek penelitian ini adalah 2 orang ibu single parent beserta 2 anaknya dan juga 2 orang anak remaja yang merupakan teman dari anak ibu single parent.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua ibu single parent mampu menerapkan pola asuh bagi anaknya dengan baik. Pola asuh yang diberikan adalah pola asuh autoritatif (demokratis) dan memadukan antara pola asuh autoritati dengan pola asuh otoriter (terlalu membatasi). Permasalahan yang dihadapi berupa masalah pengasuhan, masalah pribadi ibu single parent, masalah ekonomi, masalah pekerjaan dan pemenuhan kebutuhan yang mana permasalahan-permasalahan ini tidak menjadi hambatan bagi ibu single parent dalam menjalankan peran ganda dan tetap mampu mengasuh anak seorang diri. Dampak pola asuh ibu single parent terhadap perkembangan kepribadian remaja adalah dari pola asuh autoritatif memiliki dampak berupa anak menjadi pribadi yang percaya diri, bertanggung jawab, mudah bersosialisasi, ramah, mampu mengambil keputusan sendiri dan siap mengambil resiko. Gabungan antara pola asuh autoritatif dengan pola asuh otoriter berupa anak tumbuh menjadi pribadi yang humoris, konsisten dalam melakukan suatu hal, bisa berinteraksi dengan orang lain namun kurang percaya diri, pemalu, kurang bisa mengambil keputusan sendiri dan tidak yakin akan kemampuannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 08:55
Last Modified: 07 Jun 2022 08:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18492

Actions (login required)

View Item View Item