Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Barokah Water Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening

Abdulloh, Muhamad (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Barokah Water Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMAD ABDULLOH UPLOAD E THESIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abdulloh, Muhamad. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Barokah Water. Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Moh. Faizin, M.S.E
Kata Kunci: Kualitas layanan, harga, kepuasan konsumen dan loyalitas pelanggan.
Loyalitas merupakan sikap setia terhadap suatu hal dan tidak mudah berpindah ke lain hal . Penelitian ini menggunakan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Dari beberapa teori dan hasil wawancara mengenai kualitas layanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan terdapat kesenjangan, dalam teori diungkapkan bahwa loyalitas akan tumbuh dengan adanya layanan yang baik dan harga yang murah. Tetapi pada kenyataannya layanan yang kurang baik dan harga mahal tidak menjadikan para pelanggan barokah water berpindah ke depo lain dan tetap loyal. Rumusan masalah penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah kualitas layanan dan harga secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen?, apakah kualitas layanan, harga dan kepuasan konsumen secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan?, apakah kepuasan konsumen mampu memediasi antara kualitas layanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, populasi dalam penelitian ini sebanyak 130 orang pelanggan, sedangkan sampel penelitian ini sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji ketetapan model, uji hipotesis dan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas layanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen, (2) harga berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen, (3) kualitas layanan berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan, (4) harga berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan, (5) kepuasan konsumen tidak berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan, (6) kualitas layanan dan harga secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, (7) kualitas layanan, harga dan kepuasan konsumen secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, (8) kepuasan konsumen tidak mampu memediasi antara kualitas layanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 08:29
Last Modified: 07 Jun 2022 08:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18477

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item