DAMPAK PSIKOLOGIS PELAKU PERNIKAHAN DINI PADA KALANGAN MASYARAKAT PEDESAAN DI DESA WONOSIDI TULAKAN PACITAN

Sari, Cindy Fatika (2022) DAMPAK PSIKOLOGIS PELAKU PERNIKAHAN DINI PADA KALANGAN MASYARAKAT PEDESAAN DI DESA WONOSIDI TULAKAN PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-CINDY FATIKA SARI 303180047.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sari, Cindy Fatika. Pernikahan merubah status seseorang dari bujangan atau perawan menjadi kawin. Usia perkawinan yang dini dapat menjadi perhatian yang tinggi karena adanya pernikahan yang masih muda beresiko tinggi terhadap perceraian, kemudian kehamilan usia muda juga beresiko untuk tidak siap menjadi orang tua karena mental dan psikologisnya belum mampu untuk menerima kenyataan akan menjadi orang tua dalam usia yang sangat muda. Di dalam hukum Islam ada beberapa prinsip yaitu perlindungan terhadap jiwa, agama, keturunan, serta harta dan akal manusia. Salah satu prinsip yang harus di jaga adalah prinsip keagamaan dengan begitu agama dapat menjaga jalur nashab atau keturunan dari seorang laki-laki dan perempuan.
Dalam penelitian ini, penulis membahas bagaimana pernikahan dini itu bisa terjadi, kemudian dampak psikologis akibat pernikahan dini yang terjadi pada pelaku pernikahan dini di kalangan masyarakat pedesaan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menjelaskan penyebab dari pernikahan dini di pedesaan khususnya di Desa Wonosidi, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan. Kemudian Untuk menganalisis dampak psikologis dari pernikahan dini yang terjadi di Desa Wonosidi, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Tulakan.
Untuk menjawab rumusan masalah yang ada, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analis data dengan menyusun data yang telah di peroleh kemudian mengorganisasikan ke dalam pola serta membuat kesimpulan yang mudah di pahami.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab terjadinya pernikahan dini di dominasi berbagai faktor, mulai dari faktor adat istiadat, faktor ekonomi yang rendah, pendidikan yang rendah, serta stigma masyarakat yang mengatakan jika seorang perempuan sudah dewasa tidak segera menikah maka akan menjadi perawan tua. Kemudian dampak psikologis yang timbul akibat pernikahan dini meliputi kecemasan serta stress yang di alami oleh pelaku pernikahan dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:39
Last Modified: 07 Jun 2022 06:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18473

Actions (login required)

View Item View Item