Pelaksanaan Kegiatan Apel Pagi Dalam Peningkatan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Di Madrasah Tsanwiyah Al-Akbar Senepo Slahung Ponorogo

Krisnawati, Lilis (2022) Pelaksanaan Kegiatan Apel Pagi Dalam Peningkatan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Di Madrasah Tsanwiyah Al-Akbar Senepo Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
LILIS KRISNAWATI_201180355_PAI_Ethesis.pdf

Download (996kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Krisnawati, Lilis. 2022. Pelaksanaan Kegiatan Apel Pagi dalam Peningkatan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di Madrasah Tsanawiyah Al-Akbar Senepo Slahung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo, Pembimibing Ferry Diantoro M.Pd.I

Kata Kunci : Kegiatan Apel pagi, Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab

Di Era globalisasi ternyata juga membawa pengaruh yang sangat kurang baik terhadap pola pikir dan pergaulan remaja sehingga menimbulkan kenakalan remaja. Salah satu kenakalan remaja juga disebabkan kurangnya pendidikan karakter bagi anak dan remaja, maka dari itu perlu adanya suatu lembaga yang membina dan membentuk karakter. Madrasah Tsanawiyah merupakan salah satu lembaga di Indonesia yang menerapkan pendidikan karakter. Di Madrasah Tsanwiyah terdapat kegiatan pembiasaan apel pagi yang mana menjadi faktor penting yang memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan pendidikan karakter. Apel pagi merupakan kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap hari di Madrasah Tsanawiyah Al-Akbar yang mana terdapat bentuk kegiatan didalamnya. Kegiatan pembiasaan apel pagi di MTs Al-Akbar diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan karakter bagi peserta didik, melalui bentuk-bentuk kegiatan yang nantinya dapat mendorong peserta didik agar senantiasa dalam lingkup lingkungan yang baik, disipli, da selalu bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk memdeskripsikan pelaksanaan kegiatan apel pagi dalam peningkatan kakater disiplin dan tanggung jawab di MTs Al-Akbar, (2) untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendorong pelaksanaan apel pagi dalam meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab di MTs Al-Akbar, (3) untuk mendeskripsikan dampak/keberhasilan pelaksanaan apel pagi di MTs Al-Akbar dalam peningkatan karakter disiplin dan tanggung jawab.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif, yakni yang memberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yaitu model intrsktif dengan langkah-langkah : Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) bentuk kegiatan apel pagi dalam meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab di MTs Al-Akbar yaitu pelaksanaan, waktu, Pelaksana, materi kegiatan, dan sanksi. (2) faktor penghambat yaitu kurangnya niat dari siswa, kurangnya pendidikan diluar sekolah dan tidak ada pendamping kegiatan apel, sedangkan faktor pendorong kegiatan apel pagi yaitu niat dari siswa ingin menjadi yang lebih baik, bersemnagat mengikuti kegiatan apel, adanya peraturan yang mewajibkan kegiatan apel, adanya fasilitas sarana dan prasarana. (3) dampak kegiatan apel pagi dalam meningkatkan karaketr disiplin dan tanggung jawab siswa yaitu siswa mampu mengaplikasikan karakter disiplin dan taggung jawab baik di sekolah maupun di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:40
Last Modified: 07 Jun 2022 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18471

Actions (login required)

View Item View Item