KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK DALAM MEMBANGUN KARAKTER ISLAMI DI DESA WONOSIDI TULAKAN PACITAN

Zulaeha, Hanik (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK DALAM MEMBANGUN KARAKTER ISLAMI DI DESA WONOSIDI TULAKAN PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HANIK ZULAEHA_302180019 WATERMARK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Zulaeha, Hanik. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Selain untuk berinteraksi, komunikasi juga digunakan sebagai media dalam penyampaian informasi dan alat untuk membujuk orang lain. Komunikasi biasanya dilakukan dan dimulai dari lingkup yang paling kecil yaitu keluarga. Melalui komunikasi, orang tua dalam keluarga dapat mempengaruhi anggota yang lain terutama anak-anak. Komunikasi yang dilakukan terus menerus oleh orang tua kepada anak juga dapat membentuk kebiasaan-kebiasaan yang secara spontan dilakukan anak sehingga bisa menciptakan terbentuknya karakter yang sesuai keinginan orang tua.
Dalam penelitiaan ini, penulis membahas bagaimana komunikasi antara orang tua dengan anak sehingga tercipta suatu perilaku yang membentuk sebuah karakter di masa mendatang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk komunikasi orang tua dengan anak, cara orang tua membangun karakter islami anak, serta faktor penghambat dan pendukung komunikasi orang tua dengan anak. Penelitian ini dilakukan di Desa Wonosidi Tulakan Pacitan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan sepuluh orang tua dan sepuluh anak sebagai informan. Peneliti juga mengajukan beberapa pertanyaan yang meliputi bagaimana komunikasi yang terjadi antara orang tua dengan anak, bagaimana cara orang tua dalam membangun karakter islami terhadap anak, dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam membangun karakter islami di Desa Wonosidi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, bentuk komunikasi orang tua dengan anak dilakukan melalui percakapan, interaksi intim, dan evaluasi. Kedua, metode membangun karakter islami anak di Desa Wonosidi Tulakan Pacitan dilakukan dengan percakapan, pembacaan kisah-kisah tokoh inspirasi, keteladanan dari kedua orang tua dan pembiasaan. Ketiga, faktor yang mendukung komunikasi orang tua dengan anak yaitu adanya sikap saling terbuka, dan adanya saling percaya. Mengenai faktor yang menghambat yaitu adanya sikap orang tua yang harus ditaati, anak malas memperhatikn, dan adanya pekerjaan dan tugas dari orang tua dan anak yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing Uswatul Hanifah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:17
Last Modified: 07 Jun 2022 06:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18469

Actions (login required)

View Item View Item