Faktor - faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Pasar Stasiun Terhadap Produk Mitra Express iB Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo Selama Masa Pandemi Covid-19.

Syirazi, Mochammad Hafiz (2022) Faktor - faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Pasar Stasiun Terhadap Produk Mitra Express iB Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo Selama Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180058_Mochammad Hafiz Syirazi_Perbankan Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Syirazi, Mochammad Hafiz .Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo memiliki produk Mitra Express iB yang merupakan produk untuk nasabah yang berada di pasar. Dari data diketahui nasabah pada pasar Stasiun Ponorogo termasuk dalam 5 pasar yang memiliki jumlah nasabah terkecil, selain itu dari observasi yang dilakukan jumlah tabungan yang di berikan nasabah pasar Stasiun Ponorogo terhadap produk Mitra Express iB lebih sedikit dibandingkan bank konvensional. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah serta strategi meningkatkan minat nasabah pasar Stasiun terhadap produk Mitra Express iB.
Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan narasumber yang merupakan nasabah yang berada di pasar Stasiun, pegawai dan derektur BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Data yang diperoleh kemudian di lakukan pengecekan keabsahan dengan triangulasi sumber, pengolahan data kemudian analisis. Teknik analisis yang digunakan adalah penalaran induktif.
Hasil analisis menunjukan bahwa minat nasabah pasar Stasiun terhadap produk Mitra Express iB terbentuk dari perasaan senang, perhatian, ketertarikan dan mendapatkan manfaat & fungsi. Untuk faktor yang mempengaruhi minat nasabah pasar Stasiun terhadap produk Mitra Express iB yaitu dorongan dalam diri individu, motif sosial dan emosional. Kemudian untuk meningkatkan minat nasabah pasar Stasiun terhadap produk Mitra Express iB, pihak BPRS Mitra Mentari Sejahtera menggunakan pendekatan bauran pemasaran proses (proccess) dalam rangka mencapai market share yang telah ditetapkan dan digunakan untuk memuaskan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:46
Last Modified: 07 Jun 2022 05:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18465

Actions (login required)

View Item View Item