Analisis Manajemen SDM Koperasi An-Nadzir Dalam Pengembangan Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo

ardiansyah, Nurli (2022) Analisis Manajemen SDM Koperasi An-Nadzir Dalam Pengembangan Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Ethesis Nurli ardiansyah 210717253.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ardiansyah, Nurli . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen sumber daya manusia koperasi An-Nadzir dalam pengembangan pondok pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo yang telah dijalankan oleh pengelola koperasi pondok pesantren.
Penelitian pada skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang menggambarkan fenomena secara apa adanya dengan mencari data langsung di lapangan. Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Penelitian berdasarkan data yang diperoleh dilapangan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Praktik manajemen sumber daya manusia koperasi An-Nadzir dalam pengembangan Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo di antaranya dengan memberikan tanggungjawab kepada setiap masing-masing anggota dalam organisai koperasi, melalui Perencanaan, pelatihan dan pengembangan, pemasaran, serta penilaian kinerja karyawan. Sebab dengan memberikan tanggungjawab sesuai kemampuannya masing-masing dapat mendisiplinkan para karyawan serta akan terlaksananya praktik-praktik manajemen dan kegiatan secara efektif dan efisien. (2) Dalam kegiatan organisasi manajemen sumber daya manusia adakalanya memiliki faktor yang bersifat pendukung yang membangun seperti tingkat pendidikan para karyawan, kemajuan teknologi, dan perkembangan ekonomi koperasi. Sedangkan faktor penghambat manajemen sumber daya koperasi terhadap karyawan yaitu kurangnya tenaga kerja, kesehatan karyawan, dan kurangnya partisipasi, sehinga keduanya dapat dijadikan acuan untuk mengevaluasi koperasi dalam menyikapi permasalahan yang ada. (3) Setiap program tentunya memilki dampak pada anggotanya, baik berupa dampak yang bersifat positif yang membangun Ardiansyah, Nurli. 2022. Analisis Manajemen SDM Koperasi An-Nadzir Dalam Pengembangan Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Said Abadi, Lc,. M.A.
Kata kunci: Manajemen, Sumber Daya Manusia, Pengembangan Usaha Koperasi Dan Pondok Pesantren.
Dalam pengembangan sebuah usaha diperlukan tenaga kerja yang terampil, memiliki kemauan yang tinggi, inovatif dan berpengalaman, namun dalam hal ini pengembangan sumber daya manusia di koperasi An-Nadzir pondok pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo masih kurang konsisten, yaitu ditunjukan pada sebuah karyawan yang kurang memiliki kemampuan dalam manajemen sumber daya manusianya, Sehingga munculnya permasalahan yang kurang efektif untuk pengembangan yang dilakukan.
maupun dampak negatif. Dampak manejemen sumber daya manusia terhadap kinerja karyawan ini memiliki banyak dampak positif. Salah satunya terbukanya wawasan dan pengetahuan, menjadikan semua anggota organisasi saling bekerja sama mencapai tujuan kinerja karyawan, untuk terus mempertahankan dan mengembangkan manajemen sumber daya manusia agar tetap berjalan sesuai aturan baku keorganisasian dan kewirausahaan. Kesadaran akan kedisiplinan mereka terhadap tanggungjawab dikoperasi sebagai santri dan sebagai karyawan yang berkhidmah untuk membantu pengembangan pondok pesantren Darul Huda Mayak yang lebih maju.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:47
Last Modified: 07 Jun 2022 05:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18464

Actions (login required)

View Item View Item