Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Kitab di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in "Sobo Guno" Ponorogo

Isrofiah, Yuyun Khoirul (2022) Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Kitab di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in "Sobo Guno" Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210217018_YUYUN KHOIRUL ISROFIAH_HUKUM EKONOMI SYARIAH (HES).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Isrofiah, Yuyun Khoirul. Kata kunci/keyword: Bay’, Bay’ al-Taqsīth,
Bay’ al-Taqsīth adalah suatu transaksi jual beli atau pinjam meminjam yang cara pembayarannya dilaksanakan secara angsuran atau cicilan. Dalam teori Bay’ al-Taqsīth haruslah memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut: 1) ‘Ǡqidain, 2) Sighat, 3) Ma’qūd ‘alayh. Namun dalam praktiknya, transaksi jual beli kitab yang ada di Yayasan Ponpes Hidayatul Mubtadi’in Sobo Guno Ponorogo terjadi penundaan dalam penyerahan barang dikarenakan penjual belum memiliki barang tersebut dan harus dipesankan terlebih dahulu. Serta juga terdapat transaksi jual beli kitab yang mana objeknya merupakan kitab-kitab yang telah ditinggalkan oleh pemiliknya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana analisis Hukum Islam terhadap akad jual beli kitab dengan sistem pembayaran secara angsuran di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’at “Sobo Guno” Ponorogo ? (2) Bagaimana analisis Hukum Islam terhadap objek jual beli kitab yang telah ditinggalkan oleh pemiliknya di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in “Sobo Guno” Ponorogo ?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah Metode induktif yakni suatu penelitian yang berangkat dari kasus-kasus yang bersifat khusus berdasarkan pengalaman nyata untuk kemudian dirumuskan menjadi model, konsep, teori, prinsip, proposisi, atau definisi yang bersifat umum.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Menurut hukum Islam akad jual beli kitab yang ada di Yayasan Ponpes Hidayatul Mubtadi’in “Sobo Guno” Ponorogo tidak sesuai jika menggunakan akad jual beli secara angsuran (Bay’ al-Taqsīth) karena barang belum sepenuhnya menjadi milik penjual dan harus dipesankan terlebih dahulu ke Kediri. Namun diperbolehkan jika menggunakan akad jual beli salam dengan syarat pihak pembeli (santri) harus membayar sejumlah uang di awal sebagai jaminan atau tanda jadi.2) Menurut hukum Islam transaksi jual beli kitab yang objeknya merupakan kitab yang telah ditinggalkan oleh pemiliknya diperbolehkan dengan syarat waktu pengumuman telah habis atau berakhir, dan jika suatu saat pemilik mengambil atau meminta barangnya kembali maka pihak penjual (pengurus) wajib memberikannya kembali baik dalam bentuk barang ataupun sudah dalam bentuk uang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:48
Last Modified: 07 Jun 2022 04:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18462

Actions (login required)

View Item View Item