Strategi Branding Instagram @Santri Design Community Sebagai Brand Awareness

Syaifuddin, Wildan Kholid (2022) Strategi Branding Instagram @Santri Design Community Sebagai Brand Awareness. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
upload etesis wildan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Syaifudin, Wildan Kholid. Instagram merupakan salah satu platform yang hingga saat ini banyak diminati oleh berbagai kalangan.Media sosial Instagram ini semakin memanjakan penggunanya dengan aneka fitur menarik sehingga para pengguna terus bertambah setiap tahun. Tujuan Instagram yaitu mempermudah manusia dalam berkomunikasi dengan berbagai gambar atau video. Dengan semakin canggihnya fitur-fitur yang terdapat pada Instagram membuat peminat ini terus bertambah. Instagram @Santri Design Community (SDC) ini merupakan akun seni desain grafis dengan membuat komunitas serta mengadakan pertemuan-pertemuan, terbentuklah chapter-chapter regional Santri Design Community (SDC) dari beberapa daerah.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan isi konten dari akun Instagram @Santri Design Community (2) untuk menjelaskan strategi community branding yang diterapkan oleh akun @Santri Design Community, (3) untuk menjelaskan bagaimana strategi brand awwarenes yang diciptakan akun @Santri Design Community. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif Miles & Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajuan data, dan penarikan kesimpulan. Analisis menggunakan teori community branding dan brand awareness.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Isi dari postingan Instagram Santri Design Community (SDC) ini yaitu poster atau pamflet dakwah yang dikemas dalam desain yang simpel dan juga menarik. Dakwah-dakwah kekinian itu menjadi poin utama dari Santri Design, dengan nama akun media sosial yaitu santri maka isi konten tidak jauh dari ranah kyai, ulama, dan dakwah. (2) Strategi yang digunakan Insagram Santri Design (SDC) yaitu membuat hubungan baik antara follower atau jamaah dengan para admin, dengan mengadakan lomba atau challenge, sedekah design atau bagi-bagi design, dengan begitu secara tidak langsung membuat para follower lebih dihargai dan juga diperhatikan. Metode ini sesuai dengan strategi community branding yaitu menjaga hubungan baik antar pelanggan dengan produk, merek dan juga perusahaan atau komunitas.(3) Santri Design Community (SDC) dalam menciptakan brand awareness Instagram yaitu dengan menentukan tujuan yang jelas, menentukan target audiens, selalu menjaga konsistensi, dan membangun komunitas madrasah design diberbagai daerah.
Kata Kunci: Strategi Community Branding, Brand Awareness, Instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:02
Last Modified: 07 Jun 2022 04:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18460

Actions (login required)

View Item View Item