KONTRIBUSI GURU PAI (GPAI) DALAM PENINGGKATAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN SISWA-SISWA SMPN 7 SATU ATAP NGRAYUN PONROGO

Arifin, Manaf Nur (2022) KONTRIBUSI GURU PAI (GPAI) DALAM PENINGGKATAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN SISWA-SISWA SMPN 7 SATU ATAP NGRAYUN PONROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MANAF NUR ARIFIN 201180363.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Arifin, Manaf Nur . 2022. Kontribusi Guru PAI (GPAI) dalam Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-qur’an Siswa-siswa SMPN 7 Satu Atap Ngrayun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Basuki, M.Ag.
Kata Kunci : Kontribusi guru Pendidikan Agama Islam, kemampuan membaca dan menulis al-quran, BTQ dan TPA
Kemampuan baca tulis al-qur’an sangat penting bagi setiap anak muslim. Anak perlu didahului pendidikan al-qur’an sebelum anak menerima lukisan-lukisan negatif diranah umum. Berdasarkan penjajakan awal dilokasi penelitian di SMPN 7 Satu Atap Ngrayun Ponorogo diperoleh informasi melalui wawancara dengan Kepala Sekolah dan Guru PAI bahwa masih banyak siswa yang belum bisa membaca dan menulis al-qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan apa yang dilakukan GPAI agar program peningkatan kemampuan baca tulis al-qur’an siswa-siswa SMPN 7 Satu Atap Ngrayun Ponorogo bisa terlaksana, (2) Menjelaskan bagaimana pelaksanaan program peningkatan kemampuan baca tulis al-qur’an siswa-siswa yang dilakukan GPAI di SMPN 7 Satu Atap Ngrayun Ponorogo, (3) Menjelaskan dampak positif dari pelaksanaan program peningkatan kemampuan baca tulis al-qur’an siswa-siswa SMPN 7 Satu Atap Ngrayun Ponorogo.

Berdasarkan uraian di atas, maka penelitian ini dideskripsikan menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Tahap dalam analisis data dalam penelitian ini dengan melakukan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan yang diperoleh dari pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatan kemampuan baca tulis al-qur’an di SMPN 7 Satu Atap Ngrayun Ponorogo adalah dengan membentuk kegiatan program keagamaan BTQ dan TPA yang melibatkan pihak sekolah, (2) Pelaksanaan program BTQ dan TPA melibatkan guru bantu yang sudah diberikan tugas masing masing. Metode yang digunakan dalam mengajar BTQ dan TPA menggunakan metode iqro, menulis, pemberian tugas, dan hafalan, (3) Dampak positif setelah terbentuknya BTQ dan TPA terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis al-qur’an setelah 1 tahun pelaksanaan sebanyak 70 %. Peningkatan kemampuan membaca dan menulis al-qur’an yang signifikan terdapat pada tahun 2021 sampai tahun 2022 sebanyak 85 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: BASUKI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:45
Last Modified: 07 Jun 2022 03:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18459

Actions (login required)

View Item View Item