Komparasi Teori Raṣd al-qiblah Dengan Qibla Finder Dalam Pengukuran Arah Kiblat di Musala Al-Hijrah Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Abimanyu, Hanan (2022) Komparasi Teori Raṣd al-qiblah Dengan Qibla Finder Dalam Pengukuran Arah Kiblat di Musala Al-Hijrah Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI UPLOAD ETHESES.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAJ
Abimanyu, Hanan, 2022. Komparasi Teori Raṣd al-qiblah Dengan Qibla Finder Dalam Pengukuran Arah Kiblat di Musala Al-Hijrah Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.
Kata Kunci/keyword: Arah Kiblat, Raṣd al-qiblah, Qibla Finder
Menghadapkan pandangan ke arah kiblat diartikan sebagai seluruh tubuh atau badan seseorang menghadap ke arah kiblat dan merupakan sesuatu yang fundamental dalam syariat Islam. Secara harfiah kiblat adalah arah yang menunjukan keberadaan Kakbah di Mekah dan dituju oleh umat Islam untuk melakukan ibadah salat maupun ibadah sunnah, sehingga Kakbah sering disebut dengan dengan kiblat. Pada saat ini metode yang sering dipergunakan untuk menentukan arah kiblat salah satunya Raṣd al-qiblah, atau disebut juga dengan teori bayangan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Azimut kiblat Musala Al-Hijrah Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun berdasarkan teori Raṣd al-qiblah? (2) Mengapa terjadi perbedaan hasil pengukuran Azimut kiblat dari aplikasi Qibla Finder dengan pengukuran manual menggunakan Raṣd al-qiblah di Musala Al-Hijrah Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun?

Pada penelitian ini metode penulis gunakan merupakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu mencari data dengan mengamati, melihat dan menganalisis obyek yang akan diteliti. Dasar alasan penggunaan jenis penelitian ini dengan tujuan untuk mendapatkan data yang valid dan sesuai dengan data lokasi. Data penelitian didapatkan dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa pengukuran arah kiblat menggunakan aplikasi Qibla Finder seperti yang dilakukan di Musala Al-Hijrah haruslah dikaji ulang keakurasiannya dengan menggunakan metode falakiyah yang lebih akurat. Maka, peneliti menggunakan metode Raṣd al-qiblah yang keakurasian dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan akan kepastian arah kibat tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:04
Last Modified: 07 Jun 2022 04:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18454

Actions (login required)

View Item View Item