Analisis Fairness Terhadap Sistem Pembayaran Jasa Pengairan Sawah Pada Masyarakat Petani Desa Bibrik Keamatan Jiwan Kabupaten Madiun

Yuni K, Kusnul Ciptanila (2022) Analisis Fairness Terhadap Sistem Pembayaran Jasa Pengairan Sawah Pada Masyarakat Petani Desa Bibrik Keamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS CIPTA UPLOAD PERPUS.pdf

Download (49MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keadlian fairness dalam pelaksanaan pengairan sawah, dalam penetapan pembayaran jasa pengairan sawah, menurut pandangan John Ralws tentang fairness.
Metodologi penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, melalui pengolahan data primer, sekunder yang diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi di Desa Bibrik Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun.
Hasil penelitian adalah konsep fairness dalam pelaksanaan pengairan sawah dilakukan dar tahap pengairan, penetapan pembayaran jasa pengairan sawah, dalam mekanisme pembagian air tidak selalu tepat sasaran meskipun sudah terjadwalkan sehingga tidak terjadi fair maka keadilan pelayanan atau service fairness akan mencerminkan kelompok tukang air tersebut bersikap adil. Standarisasi pembayaran jasa di dusun-dusun tidak sama besarnya, hal ini mengacu pada posisi sawah yang dekat dengan saluran irigasi atau sebaliknya, sehingga keadilan pelayanan atau service fairness diharapkan memberi dampak yang signifikan untuk memberikan edukasi kepada petani sehingga tidak menimbulkan gejolak sosial. Alat pembayaran jasa ini terjadi dalam dua macam terdiri dari uang dan gabah kualitas A sehingga tidak fair antara petani dan tukang banyu dikarenakan gabah kuliatas A dijual menghasilkan uang yang lebih besar dari pembayaran dengan uang secara langsung sehingga menimbulkan gejolak di masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:40
Last Modified: 07 Jun 2022 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18452

Actions (login required)

View Item View Item