..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN STEMPEL, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (DOWNLOAD FORM DI WEB PERPUS), UPLOAD ULANG)...TINJAUAN MAQASID SHARI’AH TERHADAP FITUR LIVE STREAMING APLIKASI TIK TOK

NURHIDAYAH, WAHYU (2022) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN STEMPEL, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (DOWNLOAD FORM DI WEB PERPUS), UPLOAD ULANG)...TINJAUAN MAQASID SHARI’AH TERHADAP FITUR LIVE STREAMING APLIKASI TIK TOK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WAHYU NURHIDAYAH 102180076 HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurhidayah, Wahyu, 2022. Tinjauan Maqa>s}id Shari>’ah Terhadap Fitur Live Streaming Aplikasi Tik Tok. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Soleh Hasan Wahid, M.H.

Kata kunci/keyword: Sosial, Ekonomi, Maqa>s}id Shari>’ah
Aplikasi Tik Tok merupakan salah satu media sosial yang bisa mengakses banyalk informasi dari penjuru dunia dan hampir semua bidang kehidupan manusia dari agama, pendidikan, politik, sosial dan ekonomi. Salah satu fitur yang sangat digunakan dari aplikasi Tik Tok adalah Fitur live streaming yang berdampak pada aspek sosial dan ekonomi dalam kehidupan manusia, dua dampak tersebut diukur dari prespektif maqa>s}id shari>’ah. Adapun kaitannya dengan maqa>s}id shari>’ah dalam fitur live streaming apabila tidak diperhatikan akan terjadi ketimpangan terhadap agama, jiwa, akal, keturunan dan harta.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pandangan maqa>s{id shari>’ah mengenai dampak sosial fitur live streaming aplikasi Tik Tok? Bagaimana pandangan maqa>s{id shari>’ah mengenai dampak ekonomi fitur live streaming aplikasi Tik Tok?
Adapun penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa fitur live streaming aplikasi Tik Tok ditinjau maqa>s{id shari>’ah memiliki dua dampak yaitu sosial dan ekonomi. Pertama, dampak sosial dibagi menjadi dua yaitu positif (maslahah) dan negatif(mafsadah). Dapat kita lihat dampak sosial aplikasi Tik Tok lebih banyak mengarah pada konten negatif (mafsadah), sehingga perkara yang sedikit mendatangkan kebaikan (maslahah) dan lebih banyak mendatangkan keburukan (mafsadah) lebih baik ditinggalkan. Kedua, dampak ekonomi dibagi menjadi dua yaitu positif (maslahah) dan negatif(mafsadah). Dilihat dari dampak ekonomi diatas lebih banyak mengandung kebaikan (maslahah) dari pada keburukan (mafsadah), sehingga selama aplikasi Tik Tok digunakan dalam hal baik dan tidak melanggar syariat Islam maka diperbolehkan.Tetapi Fitur live streaming aplikasi Tik Tok cenderung meningkatkan ekonomi tapi sosial atau moralnya rendah bahkan bisa dikatakan buruk, disini terjadi kontradiksi antara dampak sosial dan ekonomi sehingga terjadi tidak keseimbangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SOLEH HASAN WAHID
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 01:42
Last Modified: 07 Jun 2022 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18449

Actions (login required)

View Item View Item