MAKNA UNGKAPAN SATIRE DAN SARKASME CHANNEL YOUTUBE OPINI.ID DALAM KONTEN MR KECE (Analisis Wacana Kritis Teun A. van Dijk)

Fitriandini, Aliffanda Nur (2022) MAKNA UNGKAPAN SATIRE DAN SARKASME CHANNEL YOUTUBE OPINI.ID DALAM KONTEN MR KECE (Analisis Wacana Kritis Teun A. van Dijk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI ALIFFANDA UPLOAD E-THESIS)
MAKNA UNGKAPAN SATIRE DAN SARKASME DI CHANNEL YOUTUBE OPINI.ID DALAM KONTEN MR. KECE (Analisis Wacana Kritis Teun A. van Dijk).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Konten, Makna Ungkapan Satire dan Sarkasme, Analisis Wacana Kritis Teun Van Dijk

Penggunaan komunikasi yang efektif salah satunya adalah new media YouTube yang mana memungkinkan orang untuk berbicara, berpartisipasi, berbagi dan membentuk jaringan online. Salah satu channel YouTube yang menggunakan new media sebagai alat berbagi informasi tercepat adalah Opini.id. Channel tersebut membagikan konten-konten yang menarik melalui akun YouTubenya. Salah satunya adalah konten Mr. Kece yang berjudul “Pesan buat Lord Luhut”. Video tersebut menyuguhkan kritikan berupa satire maupun sarkasme terhadap Luhut Binsar Pandjaitan atas kebijakan menyimpang yang dia lakukan yang mana berhasil menarik penonton atau viewers hingga video tersebut ditonton sebanyak 543 ribu kali.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Mengetahui isi ungkapan satire dan sarkasme pada narasi di YouTube Opini.id dalam konten Mr. Kece. (2) Mengetahui struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro makna ungkapan satire dan sarkasme pada narasi di YouTube Opini.id dalam konten Mr. Kece. (3) Mengetahui makna satire dan sarkasme pada narasi di YouTube Opini.id dalam konten Mr. Kece. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan menggunakan analisis wacana kritis Teun A. van Dijk.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) isi ungkapan satire berupa #KetauanCerdasnya dan sarkasme berupa ****** lo!. (2) Struktur makro pada narasi di YouTube Opini.id dalam konten Mr. Kece, yakni terdapat pada satu menit awal yang menyinggung kebijakan Luhut Binsar Panjaitan yang menabrak kementerian lain, superstruktur yakni mulai dari pendahuluan hingga kesimpulan pada video, dan struktur mikro yakni pemaparan semantik tentang kebijakan, sintaksis yang digunakan Mr. Kece, stilistik atau gaya bahasa yang digunakan dan retoris berupa penekanan kata-kata. (3) Makna ungkapan satire dan sarkasme menyindir rangkap jabatan Luhut Binsar Panjaitan, kebijakan yang dikeluarkan tidak mengarah kepada penyelesaian kasus COVID-19 dan lebih mementingkan ekonomi dan bisnis dibandingkan kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 01:49
Last Modified: 07 Jun 2022 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18447

Actions (login required)

View Item View Item