Self Management dalam Menghadapi Stres di Masa Pandemi pada Mahasiswa yang Bekerja (Studi Kasus Mahasiswa Semester 7 Jurusan BPI IAIN Ponorogo)

Muthmainnah, Shofiyatul (2022) Self Management dalam Menghadapi Stres di Masa Pandemi pada Mahasiswa yang Bekerja (Studi Kasus Mahasiswa Semester 7 Jurusan BPI IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHOFI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kuliah sembari bekerja merupakan hal yang lumrah di kalangan mahasiswa. Banyak pertimbangan yang mendasari beberapa mahasiswa memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Meskipun begitu mahasiswa yang bekerja tentu pernah dihadapkan pada rintangan yang dapat mengakibatkan timbulnya stres. Mahasiswa yang bekerja yang menghadapi stres dengan baik maka dapat menyesuaikan diri dan menemukan solusi atas stres yang dihadapinya, sedangkan mahasiswa yang tidak mampu menghadapi stres dengan baik maka kesulitan untuk menemukan solusi. Salah satu cara untuk menghadapi stres yaitu dengan Self Management. Dari uraian tersebut penulis tertarik untuk meneliti hal tersebut. Tujuan penelitian yaitu 1) Untuk mengetahui aspek self management pada mahasiswa yang bekerja selama pandemi, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung self management pada mahasiswa yang bekerja selama pandemi.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Informan untuk penelitian ini lima mahasiswa BPI IAIN Ponorogo semester 7 yang bekerja.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Aspek self management yang dimiliki oleh mahasiswa yang bekerja adalah self motivation, self organization, self control dan self development, 2) Faktor pendukung self management yang dimiliki oleh mahasiswa yang bekerja meliputi kesehatan, keterampilan, aktivitas, dan identitas diri. Hasil penelitian ini menguatkan teori 4 aspek self management oleh buku karya The Liang Gie yang berjudul Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa Edisi Kedua dan penelitian Anik Supriyati yang berjudul Upaya Meningkatkan Self Management Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII D di SMPN 1 Jakenan Pati. Hasil penelitian ini juga menguatkan teori faktor yang mempengaruhi self management mahasiswa yang bekerja oleh penelitian Makhfud Junaidi yang berjudul Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Aktivis BEM IAIN Sunan Ampel Surabaya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 01:52
Last Modified: 07 Jun 2022 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18444

Actions (login required)

View Item View Item