REPRESENTASI MAKNA PEMIMPIN DALAM FILM OMAR (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure)

Bydi, Abdul Halim (2022) REPRESENTASI MAKNA PEMIMPIN DALAM FILM OMAR (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
abdul halim bydi. s.sos.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan atau leadership adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar bekerja sama sesuai dengan rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pada tahap awal ini peneliti menemukan beberapa fenomena yang terjadi seperti: kurangnya kesadaran adanya keadilan dalam kepemimpinan. Banyaknya keputusan pemimpin yang tidak mewakili kehendak rakyatnya. Di era seperti ini keadilan adalah hal yang sangat minim akan keberadaan dan penerapan dalam dunia bernegara dan bermasyarakat. Salah satu bentuk penjabaran dan penggambaran wujud sederhana serta keadilan dalam bentuk kepemimpinan di dalam salah satu film dengan judul Omar dengan penggambaran dari beberapa scene di film tersebut, dengan nama tokoh Umar bin Khattab. Dan diharapkan dengan adanya beberapa scene di film tersebut dapat memberikan contoh keadilan yang seharusnya diterapkan oleh seorang pemimpin di zaman sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebagai berikut: untuk mengetahui signifier dan signified tentang pemimpin di film Omar. untuk menganalisis representasi makna pemimpin yang tervisualisasikan di dalam film Omar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian kualitatif cocok dengan objek yang akan diteliti untuk mengungkapkan maknanya yaitu: lambang, tanda, bahkan simbol yang ada di dalam film Omar. Analisis Ferdinand de Saussure, kajian media massa memuat pesan dan makna dalam materinya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifier pada film ini adalah tentang perjuangan seorang pemimpin Umar bin Khattab dalam menjalankan amanah kepemimpinan. Sedangkan signified dalam adegan film Omar adalah jenis-jenis karakter tokoh kepemimpinan yang ada dalam diri Umar bin Khattab beberapa yang muncul adalah tabligh, adil, siasah, amanah, fathanah, qana’ah, shidiq, toleransi, sabar. Dan tipe kepemimpinan yang representasikan dalam film Omar, mulai dari : tipe tiga dimensi, tipe kepemimpinan demokratis. tipe kepemimpinan karismatik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 01:40
Last Modified: 07 Jun 2022 01:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18438

Actions (login required)

View Item View Item