Konsep Parenting Kisah Nabi Ibrahim Dan Nabi Ismail Pendekatan Tafsir Maqāṣidī

Pratiwi, Mapa Ayu (2022) Konsep Parenting Kisah Nabi Ibrahim Dan Nabi Ismail Pendekatan Tafsir Maqāṣidī. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Mapa Ayu Pratiwi 301180054 untuk E theses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pratiwi, Mapa Ayu. 2022. Konsep Parenting Kisah Nabi Ibrahim Nabi Ismail Pendekatan Maqāṣidī Al-Qur’an. Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Irma Rumtianing U H, M.S.I.
Kata Kunci: Parenting, Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, Maqāṣidī
Tafsir maqāṣidī berupaya untuk menjelaskan ayat-ayat suci Al-Qur’an sebagai usaha untuk membumikan petunjuk Al-Qur’an dalam realita kontemporer yang mengutamakan mashlahat umat manusia, tak terkecuali ikut serta berkontribusi dalam mendiskusikan parenting sebagai pola asuh dalam mendidik anak agar lebih baik dan lebih bijaksana, oleh karnanya mempelajari hikmah dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dari sisi pola asuh mampu menjadi refrensi sekaligus sebagai upayah untuk mendidik anak secara bijaksana sebagaimana pola asuh Nabi Ibrahim terhadap Nabi Ismail. Untuk mendapatkan maksud dan tujuan dibalik kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail maka digunakanlah sebuah alat untuk menggali melalui pendekatan tafsir maqāṣidī.
Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan pendekatan secara deduktif, yang disampaikan secara umum terlebih dahulu kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat khusus, jenis penelitian ini adalah kajian pustaka (library research) sehingga sumber data yang digunakan bersumber pada karya tulis ilmiah yang relavan dan sesuai dengan pembahasan, data yang digunakan meliputi data mengenai parenting, mengenai kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam Al-Qur’an dan kemudian data mengenai maqāṣidī, kemudian data yang diperoleh dikumpulkan melalui observasi (pengamatan) dan studi pustaka sebagai teknik mengumpulkan data yang kemudian dikelola melalui metode kajian maqāṣidī dan tahap selanjuntnya dianalisa menggunakan analisa kualitatif, hasil analisa akan berbentuk deskripsi dan konseptualisasi.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa 1). parenting Nabi Ibrahim dalam mendidik Nabi Ismail melalui metode komunikasi dan dialog antara orang tua dan anak, 2). jenis parenting yang laksanakan oleh Nabi Ibrahim dalam mengasuh Nabi Ismail berjeniskan parenting demokratis, 3). serta menjadikan peran orang tua sebagai sentra figur bagi anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing Uswatul Hanifah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 01:28
Last Modified: 07 Jun 2022 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18421

Actions (login required)

View Item View Item