Kemampuan Mengelola Emosi Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemik Tahun 2021

Ningrum, Prittasari (2022) Kemampuan Mengelola Emosi Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemik Tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Prittasari Ningrum BPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sari, Ningrum Pritta. 2022. Kemampuan Mengelola Emosi Mahasiswa Selama
Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemik Tahun 2021. Skripsi. Jurusan
Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Lia Amalia,
S.Ag., M.Si.
Kata Kunci: Kemampuan Mengelola Emosi, Masa Pandemik, Pembelajaran
Daring
Pandemik Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 sangat berpengaruh
terhadap semua orang dan mengakibatkan kerusakan populasi massal terhadap
manusia. Bahayanya virus covid-19 membuat pemerintah harus mengeluarkan
kebijakan penerapan lock down. Lock down merupakan situasi yang melarang
warganya untuk masuk ke suatu tempat karena kondisi darurat. Jadi, kegiatan
apapun harus ditinjau dari rumah seperti bekerja, bersekolah, dan aktivitas￾aktivitas lainnya. Sebagai mahasiswa yang memiliki tugas untuk tetap
mengemban ilmu sesuai jurusan yang mereka ambil, harus mengikuti
pembelajaran daring atas kebijakan dari pemerintah. Selama pembelajaran daring
berlangsung terdapat hambatan dan keterbatasan dalam berbagai hal sehingga
mengakibatkan timbulnya emosi atau perasaan tidak nyaman dan tertekan. Emosi
merupakan reaksi yang ditunjukkan akibat suatu kejadian atau peristiwa. Sebagai
mahasiswa memiliki kemampuan mengelola emosi sangat diperlukan guna
mempermudah mempelajari studi pendidikan yang sedang ditempuh.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penelitian ini bertujuan (1)
Untuk mendeskripsikan kondisi emosi mahasiswa semester lima selama
pembelajaran daring pada masa pandemik. (2) Untuk menganalisis faktor-faktor
yang mempengaruhi emosi mahasiswa semester lima selama pembelajaran daring
pada masa pandemik. (3) Untuk menganalisis cara mahasiswa semester lima
mengelola emosi saat pembelajaran daring pada masa pandemik.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini merupakan jenis
penelitian studi kasus, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data menggunakan tahap reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kondisi emosi mahasiswa
semester lima BPI selama pembelajaran daring memiliki perbandingan persentase
berjumlah 40% merasakan emosi positif dan 60% merasakan emosi negatif. (2)
Faktor-faktor yang mempengaruhi emosi mahasiswa yaitu berupa keadaan atau
kondisi yang tidak mendukung dan karakteristik mahasiswa, serta berasal dari
lingkungan sekitar. (3) Kemampuan mahasiswa mengelola emosinya dilakukan
dengan cara mengatur perasaan, melakukan relaksasi, berfikir positif, dan
mengungkapkan emosi dengan tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2022 01:27
Last Modified: 07 Jun 2022 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18420

Actions (login required)

View Item View Item