ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PENCABUTAN INVESTASI MIRAS OLEH PRESIDEN JOKOWI DALAM PERPRES 10/2021 DI MEDIA KOMPAS.COM DAN LIPUTAN6.COM

Dewi, Putri Antika Rahma (2022) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PENCABUTAN INVESTASI MIRAS OLEH PRESIDEN JOKOWI DALAM PERPRES 10/2021 DI MEDIA KOMPAS.COM DAN LIPUTAN6.COM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIXED PUTRI-Upload e-thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu fenomena kebijakan publik yang terjadi dan banyak diberitakan oleh media online di Indonesia pada tahun 2021, yakni pencabutan investasi miras dalam Lampiran III Perpres Nomor 10 Tahun 2021. Dalam hal ini media online yang menyoroti terkait pencabutan investasi miras yakni Kompas.com dan Liputan6.com. Setiap media online memiliki gaya masing-masing dalam penulisan beritanya. Sebuah peristiwa yang sama dapat diperlakukan secara berbeda oleh media dan memiliki perbedaan dalam membingkai suatu berita. Dengan adanya perbedaan framing antara Kompas.com dan Liputan6.com maka dapat diketahui hal apa yang ditonjolkan yang menjadi pembeda dari masing-masing media.
Dari pemaparan di atas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: pertama, bagaimana Kompas.com membangun struktur wacana framing sintaksis, skrip, tematik dan retoris dalam pemberitaan pencabutan investasi miras oleh Presiden Jokowi dalam Perpres 10/2021. Kedua, bagaimana Liputan6.com membangun struktur wacana framing sintaksis, skrip, tematik dan retoris dalam pemberitaan pencabutan investasi miras oleh Presiden Jokowi dalam Perpres 10/2021. Ketiga, bagaimanakah perbandingan framing antara Kompas.com dan Liputan6.com dalam pemberitaan pencabutan investasi miras oleh Presiden Jokowi dalam Perpres 10/2021.
Pendekatan yang digunakan peneliti ialah pendekatan kualitatif dengan metode analisis framing dan menggunakan jenis penelitian deskriptif-komparatif. Jenis penelitian deskriptif-komparatif di sini bertujuan untuk mendeskripsikan empat struktur analisis framing dari Kompas.com dan Liputan6.com serta membandingkan framing antara Kompas.com dengan Liputan6.com. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan telaah teks dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: 1) Konstruksi realitas pemberitaan yang dibangun oleh Kompas.com menggunakan framing: sintaksis, skrip, tematik dan retoris menekankan pada aspek pemilihan sumber berita, kutipan dari sumber berita dan pola 5W+1H. 2) Konstruksi realitas pemberitaan yang dibangun oleh Liputan6.com menggunakan framing: sintaksis, skrip, tematik dan retoris menekankan aspek headline, lead serta kutipan dari sumber berita. 3) Perbandingan framing antara Kompas.com dan Liputan6.com dapat dilihat dari analisis keseluruhan berita. Kompas.com mem-framing kasus pencabutan ini dari perspektif hukum dan ekonomi, sisi pemberitaan lebih kritis dan cenderung menganggap bahwa pencabutan ini kurang sesuai prosedur. Sementara itu, Liputan6.com mem-framing kasus ini dari berbagai perspektif, terlihat lebih menekankan tanggapan dan saran terkait adanya pencabutan ini dan cenderung menilai bahwa pencabutan ini tepat dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Kata Kunci: Investasi Miras, Perpres 10/2021, Media Online, dan Framing

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 08:45
Last Modified: 06 Jun 2022 08:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18415

Actions (login required)

View Item View Item