Motif Penggunaan Instagram @Barika Boutique Sebagai Media Promosi

Istiqomah, Nur Azizah (2022) Motif Penggunaan Instagram @Barika Boutique Sebagai Media Promosi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR AZIZAH ISTIQOMAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Istiqomah,Nur Azizah. 2022. Motif Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Pada Akun @Barika Boutique. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, FakultasUshuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.Pembimbing Muchlis Daroini,M. Kom.I

KataKunci:Motif,Penggunaan,Instagram,Promosi,Barika Boutique.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta tentang toko Barika Boutique yang menggunakan media sosial instagram dalam mempromosikan produknya dan telah terbukti meningkatkan omzet penjualan produknya setiap tahun. Sementara itu secara teoritis, berbagai motif yang mendorong Barika Boutique menggunakan media sosial instagram untuk memenuhi kebutuhanya untuk sebagi media promosi secara tepat sehingga dapat mengenalkan dan mempromosikan produknya pada konsumen yang sangat penting karena berkaitandengan kepuasan atas keberhasilan yang akan diperoleh yaitu omzet yang meningkat. Oleh karenanya penelitian ini merumuskan masalah dan tujuanya hendak mengetahui: (1)Motif-motif yang mendorong Barika Boutique menggunakan instagram sebagai media promosi pada akun @Barika Boutique, (2)Penggunaan instagram sebagai media promosi pada akun @Barika Boutique.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu menganalisis motif penggunaan instagram sebagai media promosi pada akun@Barika Boutique. Peneliti mendapatkandata tersebutdarihasilwawancara,observasidan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1)Beberapa motif yang mendorong Barika Boutique menggunakan instagram sebagai media promosi mencakup dari berbagai motif yaitu motif informatif, motif pendidikan, dan motif hiburan. Selain itu,motif yang medorong Barika Boutique menggunakan instagram juga mencakup 4 alasan manusia menggunakan media yaitu motif untuk pengalihan, hubungan pribadi, identitas pribadi dan monitoring. (2)Penggunaan instagram sebagai media promosi yang dilakukan oleh Barika Boutique yaitu melalui penggunaan beberapa fitur-fitur utama dari instagram seperti upload foto video pada feed instagram, instastory, reels, highlight direct message. Dengan penggunaan instagram sebagai media promosi, penghasilan Barika meningkat setiap tahunya, sehingga merasakan kepuasanya dalam menggunakan media untuk memenuhi berbagai motif kebutuhanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 08:44
Last Modified: 06 Jun 2022 08:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18414

Actions (login required)

View Item View Item