Konsep Qana'ah menurut Buya Hamka dalam Tafsir Al-Azhar

Ghofur, Abdul (2022) Konsep Qana'ah menurut Buya Hamka dalam Tafsir Al-Azhar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210416017_Abdul Ghofur_Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ghofur, Abdul. : Konsep Qana’ah Menurut Buya Hamka dalam Tafsir Al-Azhar. Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Moh. Alwy Amru G, M.S.I

Kata kunci : Qana’ah, Hamka, Tafsir Al-Azhar
Dalam kehidupan sehari-hari manusia tak luput dari yang namanya kebutuhan, dan selalu berambisi untuk semua yang diinginkan terpenuhi. Salah satunya adalah mengubah gaya hidup manusia itu sendiri, yang sebaliknya justru membawa kepada perilaku yang tidak terpuji yang diantaraya berfoya-foya, malas-malasan, berbuat syirik, dan menghalalkan segala cara untuk mencapai suatu tujuan sehingga berkurangnya rasa syukur. Perilaku tercela rupanya menjangkit berbagai kalangan, bahkan kalangan pelajar. Konsep qana’ah Hamka menjadi tawaran solusi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
Penelitian ini berjenis library research dengan pengolah datanya menggunakan kualitatif yang berfokus pada pemikiran qona’ah Hamka, sedangkan pendekatan yang digunakan oleh penulis menggunakan pendekatan filosofis yang digunakan untuk mengeksplisitkan dan merumuskan secara jelas konsepsi pemikiran Hamka agar mudah untuk dipahami. Metode penelitian data menggunakan deskriptif analitis yang pengumpulan datanya dengan berpaku pada benda-benda tertulis seperti buku, skripsi, kitab, tafsir dan lain sebagainya, sehingga penulis ingin membahas tentang 1) Bagaimana ruang lingkup dan hikmah qana’ah menurut Buya Hamka dalam Tafsir al-Azhar? 2) Bagaimana keunikan dan relevansi qana’ah Hamka di era modern?
Adapun hasil dari analisis ini adalah ruang lingkup utama qana’ah Hamka a. Menerima dengan rela akan apa yang ada, b. Memohon kepada Tuhan untuk tambahan yang pantas dan berusaha, c. Menerima dengan sabar akan ketentuan tuhan, d. Bertawakal kepada Allah, e. Serta tidak tertarik oleh tipu daya dunia. Di antara hikmah dari sikap qana’ah adalah menentramkan jiwa dan membebaskan di dari kecemasan karena yang diberikan oleh Allah adalah hal yang terbaik dari segala keadaan. Qana’ah memberikan relevansi dan keunikan yang luar biasa terhadap usaha seseorang dengan mengendalikan dari keinginan yang berlebihan, hasrat yang tanpa batas serta dorongan yang salah. Sehingga perlu menanamkan sikap mental yaitu harus rela, tawakal, sabar, ikhtiar, dan tidak tertarik tipu daya dunia mempunyai fungsi sebagai pengobatan, pencegahan dan pembinaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Alwy Amru g.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:44
Last Modified: 06 Jun 2022 07:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18413

Actions (login required)

View Item View Item