Urgensi Komunikasi Verbal Dalam Mengatasi Konflik Internal Di UKM Bela Diri IAIN Ponorogo

Mutaqiin, Ramadhan Nur (2022) Urgensi Komunikasi Verbal Dalam Mengatasi Konflik Internal Di UKM Bela Diri IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Urgensi Komunikasi Verbal dalam Mengatasi Konflik.pdf

Download (920kB) | Preview

Abstract

Ramadhan Nur Mutaqiin.2022. Urgensi Komunikasi Verbal dalam Mengatasi Konflik Internal di UKM Bela Diri. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muchlis Daroini, M.kom.I.
Kata kunci : Organisasi, Bentuk Konflik, Langkah Penyelesaian, Komunikasi Verbal
Dalam Organisasi sangat perlu untuk menjaga sebuah komunikasi dan menerapkan komunikasi yang baik dan benar. Dengan komunikasi yang baik dapat menjaga hubungan antar sesama manusia menjadi baik pula. Sebaliknya ketika dalam organisasi komunikasinya bermasalah pasti akan timbul berbagai permasalahan atau konflik didalamnya. Konflik yang dibiarkan akan menjadi sebuah permasalahan serius bagi organisasi dan akan berpotensi menghambat berjalannya sebuah organisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan apa saja bentuk konflik internal di UKM Bela Diri IAIN Ponorogo, menjelaskan bagaimana langkah yang digunakan untuk mengatasi konflik internal di UKM Bela Diri IAIN Ponorogo, dan menjelaskan bagaimana hasil dari penggunaan komunikasi verbal di UKM Bela Diri IAIN Ponorogo. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah dalam UKM Bela Diri IAIN Ponorogo terdapat ada beberapa penyebab terjadinya konflik yaitu komunikasi yang tidak baik dan lacar, adanya permasalahan pribadi yang memicu sebuah konflik sehingga muncul perselisihan, komunikasi verbal yang dilakukan oleh pengurus UKM Bela Diri IAIN Ponorogo yaitu meliputi dari komunikasi langsung secara lisan dan komunikasi tidak langsung yaitu secara tertulis serta aspek lain dalam komunikasi verbal yaitu peggunaan bahasa mudah dipahami, intonasi tepat, dengan humor, kecepatan bicara yang tepat, jelas dan kata-kata yang mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:13
Last Modified: 06 Jun 2022 07:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18411

Actions (login required)

View Item View Item