AL-QUR'AN DAN BUDAYA jAWA (Tata Cara Bermasyarakat dalam Kitab Tafsir Al-Ibriz Karya KH. Bisri Musthafa)

Mufidah, Vina Hidayatul (2022) AL-QUR'AN DAN BUDAYA jAWA (Tata Cara Bermasyarakat dalam Kitab Tafsir Al-Ibriz Karya KH. Bisri Musthafa). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX BANGETT PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mufidah, Vina Hidayatul Permasalahan umum yang diangkat oleh peneliti merupakan fenomena yang berkaitan dengan adanya permasalahan sosial yang terjadi pada masyarakat karena kurangnya nilai dan norma sosial yang diterapkan didalamnya. Dimana fungsi nilai dan norma sosial dalam tata cara bermasyarakat sangat dibutuhkan karena dengan adanya nilai dan norma sosial merupakan salah satu cara untuk menjadi sebuah masyarakat yang ideal. Untuk itu penelitian ini mengambil pemikiran KH. Bisri Musthafa karena tafsir karnya merupakan salah satu tafsir lokal yang kaya akan lokalitas budaya masyarakat khususnya masyarakat Jawa. Lokalitas penafsiran yang terdapat dalam tafsir ini masih sangat relevan digunakan ada kondisi sosial masyarakat saat ini.
Masalah penelitian ini akan dirumuskan ke dalam dua rumusan masalah yakni: pertama, bagaimana penafsiran KH. Bisri Musthafa terhadap ayat-ayat tentang tata cara bermasyarakat dalam kitab tafsir Al-Ibri>z, kedua, bagaimana relevansi penafsiran KH. Bisri Musthafa terhadap ayat-ayat tentang tata cara bermasyarakat dengan masyarakat Indonesia saat ini. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library research). Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis. Adapun pendekatan menggunakan metode kebahasaan yaitu mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan, kemudian menganalisa untuk menemukan jawaban yang dapat mendekati persoalan yang dikemukakan sebelum dituangkan ke dalam sebuah gagasan dengan menggunakan Teori Auguste Comte tentang sosiologi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an khusunya ayat-ayat tentang tata cara bermasyarakat, KH. Bisri Musthofa dengan sederhana menjelaskan makna ayat dengan bahasa yang mudah dipahami dan dengan menghadirkan kalimat tambahan yang dimaksudkan untuk memberi penjelasan lebih lugas kepada para pembaca. Kedua, Allah Yang Maha Kuasa. Allah yang mengatur berbagai komponen masyarakat sesuai dengan maksud dan tujuan diciptakannya. Allah yang mengawasi semua hal yang terjadi di muka bumi, serta Dia juga memberikan aturan berupa perintah, peringatan bahkan larangan terhadap otoritas manusia sebagai pemimpin di muka bumi yang bertanggungjawab atas segala perbuatan yang dilakukan makhlukNya. Ketiga, penafsiran KH. Bisri Musthofa tentang ayat tata cara bermasyarakat masih relevan dengan kondisi masyarakat saat ini. Hikmah dan penjelasannya masih sesuai dan dapat diterapkan oleh masyarakat saat ini dalam upaya menanamkan nilai dan moral masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anwar Mujahidin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:05
Last Modified: 06 Jun 2022 06:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18399

Actions (login required)

View Item View Item