Pengelolaan Wakaf Produktif di Yayasan Al-Ikhlas Pesantren Hidayatullah Kabupaten Trenggalek Menurut Fiqih Wakaf dan Undang-Undang No.41 Tahun 2004

Xasanah, Anita Wahidah (2022) Pengelolaan Wakaf Produktif di Yayasan Al-Ikhlas Pesantren Hidayatullah Kabupaten Trenggalek Menurut Fiqih Wakaf dan Undang-Undang No.41 Tahun 2004. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANITA WAHIDAH XASANAH_210216061_Hukum Ekonomi Syariah (ethesis).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Xasanah, Anita Wahidah. NIM: 210216061, 2021. “Pengelolaan Wakaf di Yayasan Al-Ikhlas Pesantren Hidayatullah Kabupaten Trenggalek Menurut Hukum Islam Dan Undang-undang No. 41 Tahun 2004. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Syariah. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing

Kata Kunci: Nadzir, Fiqh, Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004, Yayasan Al-Ikhlas Pesantren Hidayatullah Trenggalek.

Yayasan Al-Ikhlas Pesantren Hidayatullah Trengalek merupakan salah satu Lembaga yang bergerak di bidang Pendidikan, Ekonomi dan Dakwah. Penelitian ini berangkat dari latar belakang perekrutan karyawan/Nadzir yang lebih kepada sukarelawan tanpa adanya syarat khusus yaitu memahami hukum-hukum tentang Wakaf. Meskipun perekrutan lebih ke sukarelawan akan tetapi Yayasan Al-Ikhlas perkembangannya sangat pesat, dilihat dari asarama dan pendidikannya sampai tiga lokasi yang berbeda dan semua ada santri dan siswa siswinya sangat banyak.
Dari sedikit ulasan di atas ada sedikit permasalahan yang hendak penulis kaji, yaitu: (1) Bagaimana pengelolaan harta benda wakaf dikembangkan di Yayasan Al-Ikhlas Pesantren Hidayatullah Kabupaten Trenggalek menurut fiqih wakaf dan undang-undang nomor 41 tahun 2004? (2) Bagaimana pemanfaatan harta benda wakaf di Yayasan Al-Ikhlas Pesantren Hidayatullah Kabupaten Trenggalek menurut fiqih wakaf dan undang-undang No.41 tahun 2004?
Menurut jenisnya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Dimulai dari pengumpulan data, kemudian dianalisis dengan metode induktif dan deduktif untuk selanjutnya akan ditemukan jawaban dari rumusan masalahnya.
Kesimpulan yang didapat adalah (1) Nadzir di Yayasan Al-Ikhlas Pesantren Hidayatullah Trenggalek sudah sesuai dengan hukum Islam dan undang-undang nomor 41 tahun 2004 yaitu Pengelola dilakukan oleh petugas wakaf yang profesional di bidangnya dengan Berbadan Hukum Nomor: (B-212/KK13.03.01./W.5a/01/BH/06/Tahun 2020) meskipun nadzirya terdiri dari berbagai macam latar belakang akan tetapi tidak menjadi masalah karena nadzirnya diberi pelatihan workshop dan seminar pengelolaan wakaf untuk memberikan pemahaman tentang menjadi seorang Nadzir yang professional di dalam mengelola dana umat yaitu mulai dari pengumpulan, mengambil, dan sampai pada pendistribusian Wakaf. Di Yayasan Al-Ikhlas Pesantren hidayatullah Nadzirnya berjumlah lima orang (2) Pendayagunaan wakaf di Yayasan Al-Ikhlas Pesantren Hidayatullah sudah sesuai dengan Hukum Islam Dan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Nadzir sudah menjalankan hak dan kewajibannya, terbukti dengan berdirinya sekolah dan sarana prasarana yang pertumbuhannya semakin terlihat yakni dulu bangunannya kecil dan belum ada sekolahnya sekarang sudah berdiri tiga Cabang Pondok, sekolahnya sudah 3 Lantai, Asramanya Luas, Tenaga Pendidik dan Santrinya Juga semakin Banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:03
Last Modified: 06 Jun 2022 06:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18398

Actions (login required)

View Item View Item