Implementasi Metode Tutor Sebaya Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X (PTK Di MA YPIP Panjeng Ponorogo)

Prayitno, Mustofa Aji (2022) Implementasi Metode Tutor Sebaya Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X (PTK Di MA YPIP Panjeng Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180389_MUSTOFA AJI PRAYITNO_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Prayitno, Mustofa Aji. 2022. Implementasi Metode Tutor Sebaya Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X (PTK di MA YPIP Panjeng Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Wibowo, M.Pd.I.
Kata Kunci: Keaktifan siswa, Hasil belajar, Metode Pembelajaran, Tutor Sebaya
Suatu proses pembelajaran seyogyanya memiliki tujuan untuk mencetak siswa yang tidak hanya pandai secara teoritis, tapi juga mampu mengaplikasikan ilmunya dalam kehidupan keseharian, hal tersebut dapat diwujudkan melalui keaktifan belajar guna menciptakan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Penelitian ini di latar belakangi oleh belum maksimalnya keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas X MA YPIP Panjeng pada mata pelajaran Fikih. Berdasarkan observasi yang dilakukan, didapatkan data bahwa keaktifan siswa pada proses pembelajaran belum mencapai setengah jumlah siswa di dalam kelas, yakni sebesar 44,11%. Ketika diadakan asesmen harian, didapatkan data bahwa masih terdapat beberapa siswa yang belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yakni sebesar 50% atau setengah dari total keseluruhan siswa. Hal ini menyebabkan guru harus melakukan remedial pada sebagian siswa tersebut. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pembelajaran Fikih menggunakan metode tutor sebaya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas X MA YPIP Panjeng pada mata pelajaran Fikih setelah diterapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X MA YPIP Panjeng pada mata pelajaran Fikih setelah diterapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MA YPIP Panjeng yang berjumlah 34 siswa, dengan rincian 15 siswa laki-laki dan 19 siswi perempuan. Alasan pemilihan kelas X sebagai subjek penelitian adalah karena pada kelas X MA merupakan masa transisi siswa dari jenjang MTs menuju jenjang MA sehingga terdapat beberapa permasalahan, salah satunya yaitu kurang optimalnya keaktifan belajar selama proses pembelajaran.
Berdasar analisis data, dapat diketahui bahwa (1) Metode tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pada tahap pra siklus persentase keaktifan belajar siswa sebesar 53,43%, meningkat pada siklus I menjadi 75,80%, mengalami peningkatan lagi menjadi 76,47% pada siklus II, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus III menjadi 83,33%. Peningkatan keaktifan belajar juga terlihat dari lima indikator keaktifan belajar siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Khususnya pada indikator oral activity, mental activity, dan writing activity. (2) Metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tahap pra siklus, siswa yang nilainya dalam kategori tuntas sebesar 50%, kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus I menjadi 82,35%, kemudian mengalami peningkatan lagi padi siklus II menjadi 85,30%, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus III menjadi 91,20% dari total jumlah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:37
Last Modified: 14 Jun 2022 04:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18396

Actions (login required)

View Item View Item