..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PEMANFAATAN MARKETPLACE SHOPEE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE SHOP JR.id4

Khofifah, Rohmatul (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PEMANFAATAN MARKETPLACE SHOPEE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE SHOP JR.id4. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Rohmatul Khofifah Skripsi E-theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memunculkan sebuah komunikasi
pemasaran berbasis online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi
pemasaran yang digunakan owner online shop JR.id4. Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data : wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu melalui analisis empat konsep
pemasaran yang dikenal dengan 4P atau marketing mix, product, price, place, dan
promotion. Product, online shop JR.id4 menjual produk-produk kecantikan yang
dibutuhkan rata-rata konsumen. Price, kebijakan online shop JR.id4 dalam
menetapkan harga yaitu menetapkan harga sedikit dibawah rata-rata penjual lain
dengan pertimbangan peraturan dari shopee. Place, pihak pemberi jasa dan
customer tidak bertemu secara langsung atau melalui marketplace shopee.
Promotion, online shop JR.id4 sering mengikuti event-event dan programprogram shopee serta memanfaatkan 6 dari 10 fitur yang tersedia sebagai
penunjang komunikasi pemasarannya meliputi fitur promo toko, fitur paket
diskon, fitur voucher ikuti toko, fitur voucher toko saya, fitur chat penjual dan
fitur shopee feed. Serta faktor yang menghambat dan mendukung pemasaran
melalui marketplace shopee. Yang menjadi faktor penghambat yaitu kekeliruan
customer dalam menuliskan alamat, tidak terdapat respon yang jelas dari customer
atas pembelian barang, dan tidak terdapat ulasan setelah customer menerima
produk. Selain itu terdapat juga faktor pendukung pemasaran yaitu pemanfaatan
beberapa fitur-fitur yang tersedia, mengikuti event-event dan program-program
yang diadakan shopee.
Kata Kunci: Marketplace, Shopee, Komunikasi, Pemasaran, Online Shop.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:36
Last Modified: 06 Jun 2022 06:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18395

Actions (login required)

View Item View Item