Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Obat Generik di Apotek Rayhan Farma Kecamatan Pagotan Kabupaten Madiun

Rosidah, Diah Armin (2022) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Obat Generik di Apotek Rayhan Farma Kecamatan Pagotan Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi DIAH ARMIN ROSIDAH_210216039_Hukum Ekonomi Syariah (ethesis).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rosidah, Diah Armin. 2021. Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Harga Jual Beli Obat Generik di Apotek Rayhan Farma Kecamatan Pagotan Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Hj. Atik Abidah, M.S.I.

Kata kunci: Hukum Islam, Jual Beli, Sistem Kontrak

Mayoritas masyarakat di daerah sekitar Pagotan banyak yang membeli obat untuk di konsumsi pada saat sakit di apotik tersebut. Akan tetapi mereka tidak mengetahui bagaimana penentuan harga jual beli obat generik yang sesuai dengan etika bisnis Islam dan juga di lihat dari kualitas obat generik yang ada di apotik tersebut. Karena masih banyak masyarakat yang belum tahu atau pun belum mengetahui tentang etika bisnis Islam tentang bangaimana penentuan harga jual dan juga bagaimana kualitas produk yang ada di apotik tersebut.
Adapun rumusan masalah dalam penyusunan skripsi ini yang penulis dapatkan ialah untuk mengetahui, (1) Bagaimana Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap penentuan harga jual beli obat generik di Apotek Rayhan Farma kecamatan Pagotan kabupaten Madiun?, dan (2) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap penentuan kualitas produk dalam jual beli obat generik di Apotek Rayhan Farma kecamatan Pagotan kabupaten Madiun?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Penetapan harga yang dilakukan di Apotik Rayhan Farma belum memenuhi nilai-nilai dalam Etika bisnis Islam, karena pratik yang di lakukan penjual ini untuk mendapat keuntungan sangatlah tidak baik karena dengan menetapkan harga yang tinggi itu termasuk melanggar etika bisnis Islam. Dan juga tidak memenuhi kesesuaiaan prinsip –prinsip etika bisnis Islam yang meliputi prinsip tanggung jawab, dalam prinsip ini manusia di tuntut untuk bertanggung jawab atas semua tindakannya. Sedangkan tinjauaan etika bisnis Islam terhadap kualitas produk obat generic di Apotek Rayhan Farma adalah telah sesuai dengan etika bisnis Islam meskipun ada pertukaran merk obat tetapi itu tidak melanggar etika karena telah dilakukan atas kesepakatan dan sepengetahuan pembeli. Dan kualitas produk yang di berikan itu lebih bagus dari produk yang sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hj. Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:35
Last Modified: 06 Jun 2022 06:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18394

Actions (login required)

View Item View Item