..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Proses Penciptaan Manusia dalam Al-Qur'an Menurut Tantawi bin Jauhari

Khusnah, Farisa Nur Asmaul (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Proses Penciptaan Manusia dalam Al-Qur'an Menurut Tantawi bin Jauhari. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BENER POLL Halaman Fix(2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses penciptaan manusia dan kejadian secara biologis kini sudah menjadi pembahasan yang penting. Salah satunya dengan munculnya teori penciptaan manusia menurut Darwin yang sampai saat ini masih menjadi perdebatan. Teori Darwin tersebut mengatakan bahwa manusia itu berasal dari perubahan struktur makhluk hidup yang berlangsung secara perlahan dalam waktu yang sangat lama. Tetapi teori tersebut akhirnya terbantahkan dengan ditemukannya ilmu yang mempelajari bagaimana sel tunggal membelah dan berubah untuk membentuk organisme. Menariknya sebelum teori tersebut ditemukan, di dalam Al-Qur’an sudah dijelaskan secara detail bagaimana kejadian manusia. Al-Qur’an menyatakan bahwa manusia diciptakan dari tanah. Dengan demikian, dalam penelitian ini berusaha menguraikan penafsiran secara ilmiah yang dilakukan oleh Tantawi bin Jauhari terhadap ayat-ayat tentang proses penciptaan manusia. Sehingga peneliti memunculkan pertanyaan 1) Bagaimana metode Tantawi bin Jauhari dalam menafsirkan ayat-ayat tentang proses penciptaan manusia, 2) Bagaimana penafsiran Tantawi bin Jauhari tentang ayat-ayat proses penciptaan manusia.
Penelitian ini menggunakan metode Tafsir Tematik. Adapun beberapa langkahnya antara lain: menentukan tema, menghimpun ayat-ayat yang berkaitan dengan tema, menyusun berdasarkan turunnya ayat disertai asbᾱbun nuzūl, mengetahui munᾱsabah (hubungan) per ayat, menyusun tema dengan bahasa yang sistematis, melengkapi dengan hadis bila diperlukan, dan yang terakhir mengompromikan yang ‘âm dan khâs, yang mutlaq dan muqayyad, dan menjelaskan nasikh dan mansukhnya dalam Al-Qur’an.
Adapu hasil penelitiannya yaitu 1) Metode Tantawi bin Jauhari dalam tafsirnya beliau menggunakan metode tahlili, dan corak penafsirannya menggunakan corak ilmi, dan penafsiran Tantawi menunjukkan upaya pemikiran yang rasional. 2) Menurut Tantawi manusia diciptakan dari beberapa fase (waktu) yang kemudian menjadi air mani, segumpal darah, segumpal daging dan tulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing Uswatul Hanifah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:32
Last Modified: 06 Jun 2022 06:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18390

Actions (login required)

View Item View Item