HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN SELF EFFICACY DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN REMAJA AKHIR DI DESA KEDONDONG

Nadila, Elsa (2022) HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN SELF EFFICACY DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN REMAJA AKHIR DI DESA KEDONDONG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELSA NADILA UPLOAD E THESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa yang diiringi dengan perubahan-perubahan secara fisik maupun psikis seperti kognitif atau sosial emosinya. Berdasarkan tugas perkembangannya, remaja akhir dapat ditandai dengan persiapan untuk memasuki masa baru yaitu masa dewasa. Proses menuju dewasa biasanya diiringi dengan kecemasan, kecemasan tentang masa depan yang kurang pasti akan menyebabkan terjadinya beberapa permasalahan. Dengan adanya kecemasan-kecemasan tersebut maka remaja perlu untuk membuat perencanaan yang berkaitan dengan masa depannya. Dalam membuat perencanaan masa depan, maka remaja harus memiliki kepercayaan pada dirinya dan percaya bahwa mampu untuk melakukan suatu hal. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa remaja membutuhkan self esteem dan self efficacy untuk membuat perencanaan masa depannya.
Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara self esteem dan self efficacy dengan orientasi masa depan remaja akhir. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 104 responden, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis yang digunakan yaitu uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji asumsi (normalitas dan homogenitas) dan menggunakan korelasi ganda untuk menjawab rumusan masalah.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara self esteem (X1) dengan orientasi masa depan (Y) yang menghasilkan nilai sig. = 0,000 dengan koefisien korelasi = 0,495. Hubungan yang signifikan dan positif juga terjadi pada self efficacy dengan (X2) orientasi masa depan (Y) dengan hasil nilai sig. = 0,000 dan koefisien korelasi = 0,628. Pada hubungan antara self esteem (X1) dan self efficacy (X2) dengan orientasi masa depan (Y) juga menghasilkan hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai sig. = 0,000 dan koefisien korelasi sebesar 0,637. Dari hasil analisis tersebut maka hipotesis kerja (Ha) diterima yaitu ada hubungan antara self esteem dan self efficacy dengan orientasi masa depan remaja akhir di desa Kedondong.
Kata Kunci: Hubungan, Self Esteem, Self Efficacy, Orientasi Masa Depan, Remaja Akhir

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fendi Krisna Rusdiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:29
Last Modified: 06 Jun 2022 06:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18388

Actions (login required)

View Item View Item