Pemanfaatan YouTube TuneJava Sebagai Media Penyebaran Informasi Digital

Nurhanifah, Debi (2022) Pemanfaatan YouTube TuneJava Sebagai Media Penyebaran Informasi Digital. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Debi (up etheses).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurhanifah, Debi. Di era globalisasi saat ini kebutuhan masyarakat akan informasi semakin tinggi. Masyarakat dengan berbagai cara berusaha memenuhi kebutuhan informasi yang diinginkan. Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin pesat membawa perubahan yang cukup besar dan berlangsung demikian cepat. Salah satu bukti kemajuan teknologi yakni munculnya New Media atau media baru seperti YouTube yang saat ini menjadi platform nomer satu sebagai media sosial yang digunakan oleh masyarakat dalam mencari atau mengakses sebuah informasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif TuneJava menggunakan YouTube sebagai media penyebaran informasi digital dan mengetahui pemenuhan kebutuhan penonton terhadap informasi yang telah diterima. Metode yang digunakan peneliti ialah dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang menggambarkan bagaimana motif TuneJava menggunakan YouTube sebagai media penyebaran informasi digital. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan: Pertama, Motif TuneJava dalam menggunakan YouTube sebagai media penyebaran informasi digital meliputi motif informasi, motif identitas pribadi, motif integritas pribadi dan integritas sosial, serta motif hiburan. Motif informasi yang timbul adalah pemahaman akan suatu informasi sesuai dengan pemenuhan kebutuhan penggunanya. Motif identitas pribadi yang timbul terkait dengan perasaan pengguna saat menonton tayangan konten-konten TuneJava. Motif integrasi pribadi yang timbul berkaitan dengan kebutuhan pribadi. Motif integritas sosial yang timbul berkaitan dengan teman, keluarga, dan orang banyak. Dan yang terakhir yakni Motif yang timbul dari hiburan. Kedua, Pemenuhan kebutuhan penonton terhadap informasi yang diterima yakni YouTube TuneJava Media sangat memenuhi kebutuhan informasi khalayak, selain itu TuneJava juga bisa menjadi referensi untuk pemenuhan kebutuhan informasi lainnya yang diinginkan oleh khalayak. TuneJava dalam menyebarkan informasi melalui YouTube adalah penggunaannya yang praktis, jumlah subscriber yang semakin bertambah, mendapatkan penonton yang luas/global, dan mengikuti perkembangan zaman saat ini. Hal tersebut juga dapat menjadi referensi bagi khalayak luas untuk mencari informasi yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:16
Last Modified: 06 Jun 2022 03:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18382

Actions (login required)

View Item View Item